kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS1.007.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Pak Jokowi, ada jeritan hati dari nasabah Jiwasraya nih


Jumat, 10 Juli 2020 / 16:44 WIB
Pak Jokowi, ada jeritan hati dari nasabah Jiwasraya nih
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat logo perusahaan PT Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Selasa (4/9). Pemegang polis JS Proteksi Plan milik Asuransi Jiwasraya harus bersabar lagi dana bisa dikembalikan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/04/09/2018

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Para pemegang polis JS Proteksi Plan milik PT Asuransi Jiwasraya (Persero) harus bersabar lagi hingga dana bisa dikembalikan. Yang baru, Kementerian BUMN akan menyelesaikan restrukturisasi polis dengan membentuk Nusantara Life.

Namun pembentukan perusahaan baru itu, masih harus menunggu persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah itu, juga dibutuhkan suntikan negara berupa penyertaan modal negara agar bisa beroperasi.

Baca Juga: DPLK Jiwasraya tak agresif kumpulkan dana kelolaan tahun ini

Kendati demikian, para nasabah meminta kejelasan dana mereka. Lantaran mengaku memilih Jiwasraya lantaran tercatat sebagai badan usaha milik negara (BUMN).

“Kami dari nasabah Jiwasraya, kami mengumpulkan uang dari keringat kami sen per sen, tidak ada korupsi satu rupiah pun. Keadaan sekarang ada yang kena PHK, pemotongan gaji. Ini kami sekarang merasa begitu banyak informasi yang simpang siur, tanpa sedikit pun kami para nasabah diminta menyampaikan apa harapannya,” ujar salah seorang anggota Forum Korban Gagal Bayar Jiwasraya, Maryland pada Jumat (10/7).

Ia meminta pemerintah kepastian akan pengembalian dana yang telah ditempatkan di Jiwasraya. Ia mengaku kondisi semakin berat akibat pandemi Covid-19 telah membuat beberapa rekan sesama pemegang polis mengalami pemotongan gaji bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Minta kepastian kapanlah uang kami kembali ini jeritan hati terdalam kami kepada menteri BUMN, presiden yang kami sayangi, Presiden Jokowi, kepada ibu Menteri Sri Mulyani, OJK, dan kepada semua yang terlibat. Tolonglah kami, kami sudah susah, kami korban PHK, kami korban pemotongan gaji dan sebagainya ada juga yang sudah sakit dan mengharapkan uang, namun tidak ada kejelasan,” tutur Maryland.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, pembentukan Nusantara Life masih dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Nantinya Nusantara Life akan menjadi perusahaan yang akan membawa polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi.

Baca Juga: Bakal ada Nusantara Life, nasabah Jiwasraya minta jaminan dalam restrukturisasi polis

"Kami tadi di DPR juga usulkan opsi-opsi restrukturisasi baik untuk polis tradisional maupun polis saving plan," katanya di gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/7).

Sementara untuk memastikan Nusantara Life sehat, ketentuan bunga juga ikut diturunkan. "Kami juga akan melakukan perubahan-perubahan sebagai contoh, saat ini banyak polis yang bunganya tinggi-tinggi hingga 13%. Kita harus turunkan menjadi 6%-7% dan sebagainya," terangnya.  

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×