kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Biro Kredit luncurkan MyIdScore, mudahkan individu cek risiko kredit


Rabu, 10 November 2021 / 13:37 WIB
Pefindo Biro Kredit luncurkan MyIdScore, mudahkan individu cek risiko kredit


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pefindo Biro Kredit meluncurkan MyIdScore yang merupakan platform dimana individu masyarakat bisa mengecek langsung laporan kredit historisnya. Mengingat, credit score merupakan salah satu angka rujukan kreditur dalam menilai kelayakan kredit seseorang.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Abimanyu menjelaskan, tujuan dari platform ini ialah agar masyarakat bisa mengecek terlebih dahulu mengenai kelayakan kreditnya sebelum mengajukan pinjaman. 

Abi bilang, selama ini banyak nasabah seringkali mendapatkan penolakan saat mengajukan pinjaman karena reputasi atau karakter keuangannya kurang memadai. Namun, nasabah tidak mendapatkan informasi yang jelas mengenai karakter keuangannya.

“Kalau kita sering mendengar istilah reputasi keuangan atau karakter keuangan itu sebenarnya track record kita mengenai pinjaman ataupun kredit kita, misalnya berapa kali mengajukan pinjaman, bagaimana pembayaran kita lancar atau tidak, terus berapa jumlah pinjaman kita. Dan itulah yang dicapture IdScore melalui credit score ini dan bisa diakses melalui MyIdScore,” ujar Abi dalam konferensi pers, Rabu (10/11).

Baca Juga: Anda pengutang yang lancar atau pengemplang? Bisa cek ke Pefindo Biro Kredit

Skoring yang digunakan MyIdScore berkisar antara 250 hingga 900, dan berbanding terbalik dengan risiko kredit. Makin tinggi skor, maka makin rendah risiko kredit dan makin besar kemungkinan kredit disetujui. Angka skor pun lebih akurat dan relevan karena dihitung dari data kredit nasional sumber yang terpercaya seperti OJK, dan sumber data lainnya.

Abi menambahkan, dengan menyertakan beberapa data dan proses verifikasi, masyarakat akan mendapat laporan credit scorenya secara individu melalui email. Hanya saja, MyIdScore tidak memberikan rekomendasi lanjutan khusus kepada tiap individu jika ingin meningkatkan skornya.

“Kami tidak memberikan secara spesifik ke masing-masing individu bagaimana meningkatkan skornya karena itu tergantung pada case yang diterima karena tentunya berbeda-beda. Namun kami akan memberikan tips-tips bagaimana masyarakat bisa meningkatkan skornya tapi secara umum,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan layanan ini, ada beberapa paket pembayaran yang ditawarkan. Ada tiga paket yang disediakan, yaitu free report (gratis 1x / tahun pertama), Silver Report (Rp75.000 untuk 1x pengecekan), Gold Report (Rp125.000 untuk 3x pengecekan dalam tiga bulan), atau Platinum Report (Rp175.000 untuk 3x pengecekan dalam satu tahun).

Selanjutnya: Permintaan credit score naik, penyaluran kredit mulai menggeliat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×