kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyaluran KPR terus tumbuh memasuki kuartal kedua tahun 2021


Minggu, 06 Juni 2021 / 17:00 WIB
Penyaluran KPR terus tumbuh memasuki kuartal kedua tahun 2021
ILUSTRASI. pembangunan perumahan. KONTAN/Baihaki/03/05/2021


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki kuartal kedua tahun 2021, penyaluran kredit perumahan rakyat (KPR) yang diprogramkan beberapa bank di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Sempat menurun di awal tahun 2020, penjualan hunian mulai kembali bangkit dan menunjukkan angka kenaikan yang signifikan.

PT Bank Central Asia Tbk atau BCA mencatat, penyaluran KPR BCA hingga Mei 2021 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibanding dengan periode yang sama tahun 2020. Selain faktor kondisi bisnis yang sudah mulai bergerak kembali dan pelaksanaan vaksinasi, pemerintah juga banyak memberikan stimulus untuk menggerakkan perekonomian melalui penyaluran kredit. 

Beberapa kebijakan pemerintah antara lain menjaga tingkat suku bunga acuan kredit yang rendah, relaksasi loan to value (LTV) dan termin pencairan developer, serta PPN yang ditanggung pemerintah.

Baca Juga: Kredit kendaraan bermotor perbankan melaju terdorong insentif pemerintah

"Sampai dengan bulan Mei lalu, kami telah menerima lebih dari 20.000 aplikasi KPR BCA. Kami optimis penyaluran KPR BCA tahun ini akan terus meningkat sampai akhir tahun. Target kami, penyaluran KPR tahun 2021 harus lebih tinggi dibandingkan tahun lalu," terang Felicia Mathelda Simon, EVP Credit Consumer Business PT Bank Central Asia Tbk kepada KONTAN, Jumat (4/6).

Untuk memaksimalkan penyaluran kredit tahun ini, KPR BCA juga bersinergi dengan kanal-kanal penjualan mereka seperti cabang, pengembang dan broker untuk memberikan penawaran kepada nasabah melalui program Expo Online, seperti yang telah berjalan di awal tahun yaitu Expoversary Online dalam rangka HUT BCA ke-64 maupun program lainnya.

Berada di kondisi yang sama, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk juga mengalami pertumbuhan sebesar 27% secara year on year (YoY) atau berhasil menyalurkan KPR sebesar Rp4,3 triliun per Mei 2021. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×