kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,48   -10,48   -1.05%
  • EMAS1.004.000 1,31%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Penyaluran KUR Bank Jateng Tembus Rp 3,84 Triliun Hingga Agustus 2022


Kamis, 01 September 2022 / 13:07 WIB
Penyaluran KUR Bank Jateng Tembus Rp 3,84 Triliun Hingga Agustus 2022
Layanan nasabah di Kantor Cabang Utama Bank Jateng Jalan Pemuda Nomor 142 Semarang, Selasa (11/2/2014). Penyaluran KUR Bank Jateng Tembus Rp 3,84 Triliun Hingga Agustus 2022


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SEMARANG. Bank Jateng terus ambil bagian dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendukung pelaku UMKM. 

Analis Pengembangan Bisnis Ritel Bank Jateng, Wahyu Toto Waskito, mengatakan, Bank Jateng mendapatkan alokasi KUR pada tahun ini sebesar Rp 4,8 triliun.

"Dengan realisasi KUR sampai dengan 20 Agustus 2022 sebesar Rp 3,83 triliun atau 79,71% dan optimistis sisa anggaran Rp 973 miliar dapat tersalurkan," kata Toto dikutip dari situs resmi perseroan Kamis (1/9). 

Selain menyalurkan modal usaha melalui penyediaan kredit, perusahaan juga memberikan pendampingan dengan membantu pemasaran produk UMKM melalui virtual expo, bazar atau expo, temu bisnis, display produk.

Baca Juga: Sepanjang Tahun Ini, Bank Jateng Bidik Penyaluran KUR Rp 4,7 Triliun

Kemudian mereka bisa bekerja sama dengan e-commerce untuk UMKM go digital, bekerja sama dengan pemerintah dalam pengadaan jasa untuk UMKM melalui e-Blangkon dan Toko Ladang.

Bahkan perseroan memberikan pelatihan dan pengembangan UMKM mengambil tema UMKM go digital dan go ekspor. Melalui pelatihan tersebut, nasabah bisa mendapatkan ilmu dari sisi manajemen, branding, digital marketing dan lainnya. 

Dalam hal pelatihan manajemen, Bank Jateng juga bekerja sama dengan German Sparkassentiftung memberikan Pelatihan Micro Business Game (MBG).

"Saat ini terdapat 25 trainer tersertifikasi oleh German sparkassentiftung dan 16 peserta ToT yang akan dilaksanakan sertifikasi pada bulan Juli 2022. Pelatihan MBG telah dilaksanakan sebanyak 890 kali pelatihan kepada 11.242 peserta UMKM," katanya.

Untuk memaksimalkan pelatihan dan pendampingan, di setiap Bank Jateng Cabang Koordinator se-Jawa Tengah juga disediakan co-working space, sehingga dapat menjadi tempat bersama bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh bersama.

Baca Juga: Mbizmarket Gandeng Bank Daerah untuk Digitalisasi Pembayaran Pengadaan Barang/Jasa

"Terkait dengan kredit millenial sangat bersahabat karena dapat cashback bunga maksimal 5% dengan syarat pembayaran tepat waktu," jelasnya. 

Cashback otomatis langsung masuk rekening pada bulan berikutnya. Bank Jateng juga menyasar pelaku usaha mikro dengan usia 21 sampai 45 tahun dengan plafon kredit Rp 25 juta dengan tenor tiga tahun dan menawarkan bunga 7% dengan cashback maksimal 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×