kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan raup berkah dari peningkatan belanja online


Jumat, 12 November 2021 / 17:07 WIB
Perbankan raup berkah dari peningkatan belanja online
ILUSTRASI. Belanja daring.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren belanja online di e-commerce terus meningkat selama pandemi. Perbankan turut meraup berkah dari peningkatan transaksi e-commerce, termasuk pada perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA), misalnya, mencatatkan total transaksi e-commerce sebesar Rp 285 triliun hingga Oktober 2021. Nilai itu meningkat lebih dari 50% dari realisasi Januari - Oktober 2021. Diperkirakan transaksi terus melonjak, khususnya pada momen belanja 11.11.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya telah mencermati bahwa pertumbuhan transaksi e-commerce, terus terjadi, khususnya di masa pandemi Covid-19. 

"Seiring dengan meningkatnya transaksi belanja di e-commerce, kerjasama promosi BCA terus lakukan misalnya dengan Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Shopee, Lazada, Tiket.com, Traveloka, serta dengan e-commerce lainnya dalam berbagai program," kata Hera, Kamis (11/11). 

Baca Juga: Bank Mandiri bidik investor milenial, ini upaya yang dilakukan

Tak puas sampai situ, BCA baru- baru ini juga berkolaborasi dengan Blibli, meluncurkan Kartu Kredit BCA Blibli Mastercard. BCA juga berkolaborasi dengan Tiket.com meluncurkan kartu kredit Mastercard tiket.com yang akan mendukung traveler untuk jalan-jalan sesuai dengan rencana. 

Melalui strategi tersebut, bank swasta terbesar di Indonesia itu akan terus memperkuat kapabilitas pembayaran online dan membangun ekosistem cashless society dengan menggandeng mitra strategis seperti e-commerce dan fintech

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) CIMB Niaga juga raup berkah berkat peningkatan belanja online. Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan transaksi digital, terutama e-commerce meningkat hampir dua kali lipat pada September 2021. 

Bahkan, bank gencar melakukan promosi pada momen Harbolnas 11.11 untuk meningkatkan volume transaksi. Namun perusahaan tak menargetkan transaksi secara khusus untuk perayaan belanja online itu. Tapi hanya sekadar ikut berpartisipasi dan melanjutkan tren kenaikan transaksi digital.

Baca Juga: Berikan solusi praktis bisnis di era new normal, Bank OCBC NISP gandeng KG Group

"Harbolnas menciptakan awareness (kesadaran) dan kepercayaan untuk terus bertransaksi online. Hal ini menjadi kebiasaan karena promosi besar di seluruh Indonesia, di hampir semua pemain e-commerce," ungkap Lani. 

Tak mau kalah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) juga membidik transaksi kartu kredit di e-commerce. BNI berkolaborasi dengan platform e-commerce JD.ID meluncurkan Kartu Kredit BNI JD.ID. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×