kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat Bisnis Wholesale, Bank Mandiri Akselerasi Pembiayaan ke Sektor Infrastruktur


Rabu, 11 Mei 2022 / 12:03 WIB
Perkuat Bisnis Wholesale, Bank Mandiri Akselerasi Pembiayaan ke Sektor Infrastruktur
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang Bank Mandiri Jakarta, Selasa (28/12). Perkuat Bisnis Wholesale, Bank Mandiri Akselerasi Pembiayaan ke Sektor Infrastruktur.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) terus fokus membidik penyaluran kredit ke sektor berkelanjutan dan infrastruktur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha, mengatakan, upaya ini selaras dengan langkah pemerintah yang mempercepat pembangunan di Indonesia lewat implementasi Proyek Strategis Nasional. 

Merujuk data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, setidaknya terdapat sebanyak 201 proyek dan 10 program dalam Proyek Strategis Nasional Terbaru. Pun, proyek tersebut tidak hanya berpusat di Pulau Jawa saja melainkan tersebar di luar Pulau Jawa. 

Untuk itu, Bank Mandiri tengah mengoptimalkan penyaluran kredit ke segmen wholesale, yang menjadi keunggulan bisnis perseroan. Tercermin dari penyaluran kredit Bank Mandiri yang menembus Rp 1.072,9 triliun di kuartal I 2022, tumbuh 8,93% secara year on year (yoy). 

Baca Juga: Punya Fundamental Bagus, Analis Rekomendasikan Mulai Akumulasi Saham Bank Besar

“Segmen wholesale yang menjadi core competence Bank Mandiri juga mampu mencatat pertumbuhan sebesar 7% secara yoy, atau mencapai Rp 549,8 triliun di akhir Maret 2022,” ujar Rudi dalam keterangan resminya, Rabu (11/5).

Bila dirinci, penyaluran kredit wholesale Bank Mandiri ditopang oleh beberapa sektor unggulan seperti proyek pemerintah (government) yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 19% per Maret 2022 secara tahunan.

Di samping itu, sektor makanan dan minuman serta energi dan air juga tumbuh membaik masing-masing sebesar 18% dan 14% secara yoy pada akhir Maret 2022 lalu.

Dukungan Bank Mandiri terhadap pemerataan ekonomi di Tanah Air juga diwujudkan lewat pembiayaan ke proyek infrastruktur. Hingga Maret 2022, Bank Mandiri, lanjut Rudi, telah berhasil menyalurkan kredit ke sektor infrastruktur sebesar Rp 226,8 triliun, tumbuh sebesar 2,93% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Perbankan Masih Pertahankan Suku Bunga Kredit

“Pembiayaan tersebut disalurkan ke dalam proyek pembangunan yang sebagian besar digagas oleh pemerintah antara lain sektor konstruksi, jalan, migas, energi terbarukan, transportasi dan lain-lain, termasuk untuk pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan laut dan jalur kereta api yang sudah dimanfaatkan masyarakat saat periode cuti bersama lebaran kemarin,” sambungnya.




TERBARU

[X]
×