kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,80   -12,69   -1.37%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinjaman sektor pendidikan masih normal, ini strategi fintech lending


Selasa, 07 April 2020 / 23:00 WIB
Pinjaman sektor pendidikan masih normal, ini strategi fintech lending


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fintech P2P lending catat penyaluran dana pada sektor pendidikan kerap stabil meski adanya wabah corona. PT Lunaria Annua Teknologi (Koiwnorks) mencatat hingga saat ini masih terdapat pengajuan pinjaman pada KoinPintar, namun jika mengacu pada situasi saat ini lebih didominasi oleh non-formal.

VP of Marketing Growth Koinworks Frecy Ferry Daswaty mengatakan, pandemic corona tidak menyebabkan peminjam mengalami penurunan secara drastis.

Baca Juga: Hindari pinjaman macet, Koinworks perketat proses peminjaman

Ia bilang, nasabah yang mengajukan pinjaman pada sektor pendidikan dikarenakan kebutuhan pembiayaan yang tak terduga di tengah pandemi. Sehingga, hal itu membutuhkan sokongan dana lain dari sisi pendidikan.

“Sampai saat ini penyaluran sekitar 10% - 20% dari total penyaluran pinjaman di Koinworks. Karena apabila dilihat secara jumlah penyalurannya, tentu angka pembiayaan pendidikan lebih kecil jika dibandingkan dengan pembiayaan bisnis,” jelas Frecy kepada Kontan.co.id (7/4).

Frecy bilang, rata-rata pembiayaan pada pendidikan hanya Rp.50 juta per borrower, hal itu berbeda dengan sektor bisnis yang angkanya jauh lebih besar.

Namun, ia menyebutkan jumlah peminjam KoinPintar kerap mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Asal tahu saja, jika dibandingkan dengan tahun lalu, pertumbuhan penyaluran bisa mencapai 314%.

Baca Juga: Pandemic Bond digodok, ini saran Bareksa

Terkait strategi yang dilakukan untuk menyasar segmen pendidikan, Koinworks mendekati calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal itu dilakukan dengan kunjungan ke sekolah-sekolah. “Nantinya Koinworks akan memberi edukasi terkait pinjaman pendidikan. Selain itu Koinworks turut berupaya memperluas mitra kerjasama dalam bidang pendidikan,” Pangkasnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×