kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.741.000   2.000   0,12%
  • USD/IDR 16.443   -51,00   -0,31%
  • IDX 6.472   -43,68   -0,67%
  • KOMPAS100 929   2,96   0,32%
  • LQ45 729   2,37   0,33%
  • ISSI 202   -1,52   -0,74%
  • IDX30 380   0,83   0,22%
  • IDXHIDIV20 454   0,28   0,06%
  • IDX80 106   0,50   0,48%
  • IDXV30 109   0,90   0,83%
  • IDXQ30 124   0,29   0,23%

Prudential Optimis Pendapatan Premi Segmen Individu Masih Berpeluang Tumbuh Tahun Ini


Senin, 17 Maret 2025 / 19:11 WIB
Prudential Optimis Pendapatan Premi Segmen Individu Masih Berpeluang Tumbuh Tahun Ini
ILUSTRASI. Prudential Indonesia optimistis pendapatan premi dari segmen individu masih berpeluang besar untuk bertumbuh tahun ini. KONTAN/Baihaki/13/10/2024


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia optimistis pendapatan premi dari segmen individu masih berpeluang besar untuk bertumbuh tahun ini.

Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen mengatakan optimisme itu muncul dari dari data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada 2024 yang mencatat pemilik asuransi swasta individu baru sebesar 21,59 juta orang.

"Artinya, kami melihat masih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Oleh karena itu, segmen individu masih menjadi target market utama kami," ungkapnya kepada Kontan, Senin (17/3).

Untuk menggaet nasabah individu baru, Karin menyampaikan pihaknya akan melakukan upaya dari berbagai sisi. Salah satu upayanya, yaitu terus menghadirkan inovasi produk baru dengan fitur yang membedakan dan layanan baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Prudential Syariah Manfaatkan Momentum Ramadan Dorong Literasi Keuangan

Selain itu, Karin bilang Prudential juga mengembangkan jaringan distribusi, terutama untuk menangkap peluang pasar nasabah individu dari generasi Milenial dan Gen Z yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 54% dari total populasi di Indonesia.

"Kami juga terus melakukan kegiatan kampanye yang ditujukan untuk mendapatkan peluang mencari nasabah baru yang dilakukan baik di media konvensional maupun media sosial, guna menginformasikan produk atau layanan baru yang dihadirkan untuk nasabah," ujarnya.

Dari sisi tenaga pemasar, karin menerangkan peran mereka tentunya terus dioptimalkan sebagai garda terdepan dalam melakukan literasi asuransi kepada masyarakat Indonesia. Dia bilang pihaknya terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga pemasar dengan beragam pelatihan dan sertifikasi yang wajib dimiliki. 

"Oleh karena itu, kami terus membuat program untuk memperluas distribusi dengan menambah jumlah tenaga pemasar, khususnya guna menarik minat Gen Z untuk berprofesi sebagai tenaga pemasar sehingga mereka bisa ikut mengedukasi dan menarik minat Gen Z untuk berasuransi sejak dini. 

Baca Juga: Prudential Catat Kenaikan Klaim Partial Withdrawal 6% hingga Kuartal III-2024

Sementara itu, Karin menerangkan Prudential berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan premi segmen individu hingga kuartal III-2024 sebesar 4% secara year on year (YoY). Adapun Prudential Indonesia mencatat total pendapatan premi sebesar Rp 15,5 triliun, atau meningkat 4,4% YoY per kuartal III-2024.

Sebagai informasi, AAJI menyatakan pendapatan premi dari segmen individu mencapai Rp 152,43 triliun pada 2024. Nilai itu naik 2,7%, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2023, pendapatan premi industri segmen individu tercatat Rp 148,46 triliun pada 2023. Nilai itu terkontraksi cukup dalam sebesar 10,6%, jika dibandingkan pencapaian pada 2022. (*)

Selanjutnya: Begini Dampak Kenaikan Tarif Royalti Minerba Menurut MIND ID

Menarik Dibaca: Bandung Hujan pada Pagi Hari, Ini Prakiraan Cuaca Besok (18/3) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×