kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Potensi Besar, Bank Garap Pasar Milenial dan Gen Z


Senin, 21 Februari 2022 / 17:16 WIB
Punya Potensi Besar, Bank Garap Pasar Milenial dan Gen Z
ILUSTRASI. BRI Private, layanan wealth management BRI.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan makin gencar menggarap produk serta layanan untuk segmen milenial dan generasi Z. Hal ini seiring meningkatkan penduduk berusia muda yang sejalan dengan perkembangan teknologi digital. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil menggaet lebih banyak nasabah milenial melalui bisnis wealth management. 

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan, jumlah investor milenial dari bisnis tersebut meningkat 47% dibandingkan periode surat berharga negara (SBN) tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan investor dari generasi milenial dan Gen Z ini telah menarik perhatian bagi generasi kedua dan ketiga yang agile dan high-tech,” kata Handayani, pekan lalu. 

Menurut Handayani, demografi nasabah wealth management BRI untuk kategori milenial dan Gen Z, tumbuh signifikan dari tahun ke tahun. 

Secara total, penjualan SBN mencapai Rp 10,91 triliun pada 2021, tumbuh 21% yoy dan jumlah investor juga naik 31% yoy. BRI berkomitmen Menambah layanan khususnya kepada nasabah High Net Worth Individuals (HNWI) yang jumlahnya telah mencapai lebih dari 1.000 nasabah. 

Baca Juga: Nasabah Milenial BRI Meningkat 47% Berkat Bisnis Wealth Management

PT Bank Jabar Banten Syariah (Bank BJB Syariah) juga membuka kesempatan bagi masyarakat di Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, khususnya generasi milenial, untuk memiliki hunian sesuai dengan impian dan keinginan dengan syarat yang mudah dan cepat.

"Insya Allah Bank BJB Syariah melalui PPR iB Maslahah membantu masyarakat khususnya generasi milenial mendapatkan rumah atau hunian baru," kata Direktur Bisnis Bank BJB Syariah Koko Tjatur Rachmadi. 

Koko menilai generasi milenial saat ini mulai paham dan sadar bahwa rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal, tapi juga menjadi aset investasi karena harganya yang selalu naik.

Melalui skema tenor maksimal 30 tahun, Bank BJB Syariah terus berkomitmen melakukan penyesuaian dengan kondisi ekonomi kalangan milenial yang terhitung mulai dari usia 20 tahun ke atas.

Dengan jangka waktu pembiayaan hingga 30 tahun dan margin yang kompetitif mulai dari 5,55% sampai dengan 11% p.a. serta bebas biaya provisi. Selain untuk pembiayaan pembelian rumah, PPR iB Maslahah juga dapat digunakan untuk pembiayaan renovasi rumah,

Sementara itu, PT Bank Jago Tbk (ARTO) segera meluncurkan layanan bank rekening dana nasabah (RDN) sebagai respons terhadap tingginya kebutuhan akan layanan keuangan di pasar modal, khususnya bagi milenial. 

Direktur Utama Bank Jago Kharim Siregar mengatakan, layanan ini berkontribusi mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal yang saat ini didominasi generasi milenial. 

"Investor dapat merasakan pengalaman baru dalam berinvestasi saham dengan membuka layanan RDN yang mudah, cepat, dan tanpa syarat saldo minimum," terangnya. 

layanan RDN Bank Jago sudah bisa digunakan oleh nasabah perusahaan sekuritas yang bekerja sama dengan Bank Jago, di antaranya Mahakarya Artha Sekuritas (Stockbit) dan Trimegah Sekuritas Indonesia. Proses pembukaan RDN Bank Jago juga bisa dilakukan langsung saat pembukaan akun trading di aplikasi Stockbit.

“Prosesnya cepat karena pembukaan akun trading, RDN Bank Jago, dan rekening tabungan Bank Jago bisa dilakukan sekaligus di aplikasi Stockbit,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×