kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rabobank Indonesia akan berhenti beroperasi pada Juni 2020, ini alasannya


Kamis, 02 Mei 2019 / 23:04 WIB
Rabobank Indonesia akan berhenti beroperasi pada Juni 2020, ini alasannya


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rabobank International Indonesia buka suara terkait rencana penghentian operasionalnya di Indonesia. Setelah 10 tahun beroperasi di dalam negeri, bank ini secara bertahap akan berhenti beroperasi hingga pertengahan tahun depan.

Presiden Direktur Rabobank Indonesia Jos Luhukay mengatakan, Rabobank Group selaku pemegang saham pengendali Rabobank Indonesia telah memutuskan untuk berhenti beroperasi di Indonesia secara bertahap sampai akhir Juni 2020.

Dia menyebut, keputusan Rabobank Group itu sejalan dengan strategi global yang terarah pada visi Banking for Food, dimana Rabobank secara global akan berkonsentrasi pada rantai-pasok food and agriculture (F&A). "Karenanya, struktur bisnis di luar Belanda akan diutamakan pada wholesale banking dan tidak lagi pada retail," jelas Jos dalam keterangan resminya, Kamis (2/5).

Perubahan strategi bisnis tersebut telah mengakibatkan ditutup atau dijualnya bisnis Rabobank di beberapa negara lain, seperti Polandia, Irlandia dan Amerika Utara.

Jos menjelaskan, keputusan penutupan Rabobank Internasional Indonesia sepenuhnya keputusan dari Rabobank Group dan tidak berkaitan dengan kondisi ekonomi Indonesia maupun kinerja industri perbankannya saat ini.

Rabobank International Indonesia secara aktif tengah bekerjasama dengan regulator terkait dengan rencana penutupan operasional tersebut. Jos bilang, pihaknya mulai menjalankan langkah-langkah yang diperlukan, dan akan terus melakukannya berdasarkan arahan dan supervisi dari otoritas.

"Penutupan Rabobank International Indonesia itu pada saatnya akan tergantung pada persetujuan otoritas, dan akan dilaksanakan dengan sepenuhnya memperhatikan kepentingan para nasabah dan karyawan," tambahnya.

Rabobank Indonesia berkomitmen memastikan proses transisi ini berjalan dengan baik dan lancar dengan memberikan dukungan penuh bagi seluruh pihak terkait selama proses ini berjalan, dengan senantiasa patuh pada peraturan yang berlaku.

Meskipun Rabobank International Indonesia akan ditutup, lanjut Jos, Rabobank Group tetap berkomitmen melanjutkan kerjasama dengan para nasabah wholesale untuk pengembangan sektor makanan and pertanian. 

Rencananya, perusahaan asing ini akan tetap hadir di Indonesia melalui Rabobank Foundation, terus menjajaki peluang untuk Rabo Development, serta terus mengembangkan peluang-peluang di bidang food and agriculture lainnya seperti Agri3Fund, sebuah kemitraan antara United Nations Environment dan Rabobank yang baru saja diresmikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×