kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,00   -14,18   -1.88%
  • EMAS1.002.000 -0,50%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Sediakan pembayaran QRIS di taksi, BI apresiasi GoPay dan BlueBird


Sabtu, 15 Agustus 2020 / 19:43 WIB
Sediakan pembayaran QRIS di taksi, BI apresiasi GoPay dan BlueBird
ILUSTRASI. Kolaborasi GoPay dan Bluebird dalam mengaplikasikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran terbaru dalam menggunakan layanan Taksi Bluebird tanpa kontak langsung melalui GoPay. QRIS adalah standarisasi pembayaran mengguna

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mengapresiasi penerapan sistem pembayaran berbasis Quick Respose Code Indonesian Standard (QRIS) oleh PT Blue Bird Tbk (Blue Bird) bersama GoPay. Hal itu diharapkan segera diikuti penyedia layanan transportasi lainnya.

Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mendukung implementasi QRIS oleh Blue Bird yang dibantu GoPay- salah satu penyedia layanan uang elektronik .

”Sangat support karena membantu digital payment. Implementasi (QRIS) di sektor transportasi juga membantu pencegahan Covid-19 melalui alat pembayaran,” ungkapnya pada Kontan.co.id, Jumat (14/8).

Baca Juga: Kini bayar taksi Bluebird lebih aman dan praktis dengan QRIS GoPay

Selain penggunaan di transportasi, kata Onny, QRIS yang merupakan standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI itu akan didorong ke lebih banyak transaksi. QRIS akan didorong untuk transaksi di selain yang sudah ada seperti pembayaran di merchant.

Khusus di layanan transportasi, Onny meminta langkah yang sudah dilakukan grup Blue Bird bersama GoPay bisa segera ditiru pelaku industri lainnya. "Seluruh layanan publik khususnya transportasi sebaiknya memanfaatkan QRIS," katanya.

BI sendiri sedang dalam proses untuk terus mengembangkan implementasi QRIS untuk segmen menengah dan besar termasuk cross border.

Penerapan sistem pembayaran menggunakan QRIS di Blue Bird bersama GoPay itu sendiri direncanakan akan tersedia di 11 ribu armada taksi Blue Bird. Beroperasi di 19 kota di seluruh Indonesia.

Sementara Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata dalam keterangan resminya mengatakan, pihaknya terus mendorong penggunaannya di berbagai sektor mulai dari donasi, kuliner, groceries, UMKM, hingga layanan transportasi sejak awal diluncurkannya QRIS oleh Bank Indonesia.

Hingga saat ini, metode pembayaran GoPay menggunakan QRIS telah dapat digunakan di lebih dari 400.000 mitra usaha GoPay. "Kami percaya penggunaan metode QRIS dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, terutama di masa adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini," kata dia.

Baca Juga: Cara sambungkan nomor rekening atau e-wallet untuk dapat insentif Kartu Prakerja

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya meningkatkan kebersihan dan keamanan dalam beraktivitas. Termasuk saat bertransaksi.

"Kami ingin agar kemudahan dan kenyamanan transaksi digital tanpa kontak melalui QRIS ini bisa dimanfaatkan lebih banyak orang termasuk pengguna setia Bluebird,” tandas Budi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×