kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sequoia dan Tencent akan berburu start up di Nexticorn International Summit 2018


Jumat, 04 Mei 2018 / 16:51 WIB
Sequoia dan Tencent akan berburu start up di Nexticorn International Summit 2018
ILUSTRASI. NEXTICORN International Summit


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beserta Asosiasi Modal Ventura Untuk Startup Indonesia menggelar The Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) yang akan berlangsung pada 9 Mei-10 Mei 2018 di Nusa Dua Bali.

Acara ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sulitnya pendanaan series B di Indonesia. Selain itu, acara ini juga bertujuan memperlihatkan kepada investor kesiapan Indonesia sebagai surga digital.

"Hingga saat ini sudah ada 70 start up terkurasi diataranya Investree, Andalin, Ralali, Moka POS, Kata.ai, Snapcart, Harukaedu, dan RuangGuru," ujar Lead Coordinator of Nexticorn Roadshow Calendar Ridzki Syahputera di Gedung Kominfo, Jakarta Jumat (4/5).

Ridzki menambahkan, saat ini sudah 60 venture capital (VC) yang mengonfirmasi hadir diantaranya Soft Bank asal Jepang, Sequoia yang berbasis di Amerika Serikat, Tencent yang berkedudukan di Cina, Fosun dari China, Appworks dari Taiwan, dan Global Brain asal Jepang.

Chief Coordinator of Nexticorn Promotion Roadshow Calendar Donald Wihardja menambahkan, jumlah investor atau VC yang akan datang akan terus bertambah. Lantaran pelaksana masih menghimbau bagi VC untuk bergabung pada acara ini.

Adapun syarat bagi VC mengikuti Nexticorn International Summit sudah pernah setidaknya memberikan pendanaan series B di kawasan Asia Tenggara. Sedangkan syarat untuk masuk database Nexticorn adalah sudah mendapatkan pendanaan dari pihak ketiga sebesar Rp 1 miliar dan founder start up merupakan warga negara Indonesia.

Berbicara soal 70 start up ini, Donald mengaku 20 diantaranya sudah siap menerima pendanaan mulai US$ 5 juta. Biasanya nilai valuasi mereka dua hingga tiga kali lipat dari penggalangan dananya.

"Namun dari 20 start up ini ada nilai valuasinya di atas US $ 100 juta. Kita sudah mengetahui dua atau tiga tahun lagi mestinya sudah menjadi Unicorn. Jumlahnya dua sampai tiga start up, tergantung kemampuan mereka mendapatkan pendanaan berikutnya" jelas Donald.

Adapun sebaran vertikal start up yang mengikuti acara ini adalah logistik, payment, lending, media and advertising, healthcare, education, e-commeecer and enabler, software as service (SAS).

Donald mengatakan sepanjang 2018 ini, bakal ada 14 rangkaian acara Nexticorn. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×