kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMI suntik Rp 3,5 triliun untuk pulihkan kinerja PT KAI


Selasa, 01 Desember 2020 / 14:20 WIB
SMI suntik Rp 3,5 triliun untuk pulihkan kinerja PT KAI
ILUSTRASI. SMI menyuntik dana dari program PEN Rp 3,5 triliun untuk memulihkan kinerja PT KAI.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI merealisasikan bantuan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dalam bentuk investasi pemerintah senilai Rp 3,5 triliun untuk PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian oleh Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT SMI dengan Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT KAI di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Senin (30/11).

Edwin mengatakan, tujuan pemberian bantuan tersebut agar kegiatan operasional KAI   dapat berjalan kembali setelah mengalami penurunan pendapatan secara signifikan akibat pembatasan layanan perjalanan penumpang kereta api selama pandemi Covid-19.

"SMI melakukan kajian secara mendalam dan komprehensif terhadap kondisi keuangan PT KAI, kajian pemberian investasi ini dilakukan tidak hanya dari aspek finansial tapi juga aspek hukum dan kelayakan ekonomi dengan melibatkan lembaga independen," kata Edwin dalam keterangan resmi, Senin (30/11).

Baca Juga: Pefindo tegaskan peringkat triple A untuk surat utang SMI

Selain itu, perusahaan bersama Kementerian Keuangan juga melakukan kajian atas faktor-faktor risiko serta upaya mitigasi atas risiko tersebut. Diharapkan adanya investasi tersebut bisa membuat kinerja KAI pulih.

Sementara hasil studi terkait KAI sebagai peneriman  investasi pemerintah dari dana PEN (IP PEN) menggambarkan bahwa  terdapat aspek urgensi pemberian IP PEN karena pendapatan dan arus kas KAI turun signifikan.

Kemudian, KAI memiliki peran penting dalam penyediaan transportasi publik yang murah dan terjangkau melalui moda kereta api. Lalu pemberian IP PEN memiliki dampak positif terhadap perekonomian, karena penggunaan dana ini turut berkontribusi meningkatkan pendapatan fiskal baik langsung maupun tidak langsung.

Selanjutnya, proyeksi keuangan mengindikasikan bahwa KAI mampu melakukan pengembalian IP PEN. Lalu tidak terdapat penolakan dari pemegang saham dan kreditur eksisting terkait dengan perolehan IP PEN.

Metode yang digunakan PT SMI untuk memantau dan mengevaluasi penyaluran dana IP PEN kepada PT KAI dengan memonitor pelaporan berkala dan pelaporan insidential KAI.

Pelaporan berkala antara lain dipantau dengan menggunakan laporan tahunan konsolidasian yang telah diaudit oleh kantor akuntan publik, laporan rasio keuangan aktual, serta laporan realisasi penggunaan dana.

Sementara untuk pelaporan insidential, parameter yang digunakan diantaranya adalah informasi mengenai hal-hal material lainnya yang mempengaruhi kinerja KAI dan kemampuan pengembalian IP PEN secara material, serta pemberitahuan kepada Kementerian Keuangan terhadap rencana belanja modal strategis.

Selanjutnya: Aturan pinjaman PEN bagi pemda direvisi, ketentuan tenor dan bunga diubah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×