kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Strategi Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara


Senin, 08 Februari 2021 / 07:25 WIB
Strategi Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara
ILUSTRASI. Bank BTN - Kilas Finansial Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Banyak hal positif telah disumbangkan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau BTN terhadap pengembangan ekonomi Indonesia yang memasuki umur 71 tahun, khususnya dalam sektor properti. Misalnya dalam Program Sejuta Rumah, Bank BTN turut andil dalam meningkatkan ketersediaan rumah, memperkuat sumber pembiayaan, mendorong keterjangkauan, bersinergi dengan stakeholder perumahan, serta menyediakan jenis-jenis KPR yang inovatif, salah satunya adalah portal www.btnproperti.co.id yang mempermudah masyarakat untuk mengajukan KPR.

Program Sejuta Rumah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 dalam rangka mendorong percepatan dan peningkatan kolaborasi antar-stakeholders perumahan untuk menyediakan rumah yang layak huni bagi masyarakat, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Untuk membantu menciptakan permintaan di era pandemi sekaligus membantu pemulihan ekonomi Indonesia, Bank BTN juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses KPR dan bertransaksi keuangan secara digital. Layanan pun diperluas hingga menyasar pekerja informal, seperti tukang ojek, tukang cukur, dan jurumudi taksi melalui KPR berbasis komunitas.

Kemudian, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 pada tahun lalu, Bank BTN juga menawarkan program KPR BTN Patriot khusus untuk anggota TNI.

Selain itu, Bank BTN juga mengakselerasi program KPR From Home untuk membantu masyarakat Indonesia di tengah pandemi yang terkena aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar. KPR From Home sebagai aktivitas layanan perbankan khususnya KPR tersebut menggandeng 42 pengembang properti nasional dengan ratusan proyek perumahan maupun apartemen.

Melalui KPR From Home, konsumen dapat mengajukan berkas aplikasi Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen (KPR/KPA) secara online melalui portal BTN Properti (www.btnproperti.co.id) atau Mobile Apps BTN Properti. Melalui portal tersebut, konsumen bisa mengajukan KPR secara online hanya dalam waktu 10 menit.

Dengan berbagai inovasi tersebut, Bank BTN sukses menjadi penggerak utama Program Sejuta Rumah yang terus meningkat tiap tahunnya.

Adapun, pada tahun 2015, Bank BTN berhasil memberikan dukungan pembiayaan perumahan sebanyak 474.099 unit, kemudian di tahun 2016 menjadi 595.540 unit, tahun 2017 menjadi 666.806 unit, tahun 2018 menjadi 755.093 unit, dan di tahun 2019 menjadi 735.749 unit.

Bank yang didirikan pada tahun 1950 ini juga memiliki divisi riset dan pengembangan khusus sektor properti bernama Housing Finance Center atau HFC untuk mencetak pengembang berkualitas. HFC memiliki visi menjadi pengelola pusat pembelajaran perbankan dan pembiayaan perumahan yang profesional dan terkemuka di Indonesia. Dalam merealisasikan visi tersebut, HFC dibekali dengan tiga fungsi utama, yaitu, Learning, Research, dan Advisory.

Tidak hanya menyediakan riset terkait harga properti dan pengembangan sektor pembiayaan perumahan, HFC juga mengadakan short course, seminar, atau program pendidikan di bidang properti yang bekerja sama dengan institusi pendidikan tinggi, seperti ITB, UGM, IPB, UNDIP, Unsoed, UNS, UIN, UMM, dan hampir semua PTN di seluruh Indonesia.

Selama periode 2015-2019, HFC telah menyelenggarakan beberapa pendidikan short course, literasi properti, dan workshop yang telah menghasilkan sekitar 1.000 developer baru.

HFC juga menganalisis perkembangan bisnis properti di Indonesia dan secara berkala dijadikan sebagai acuan dalam bisnis properti bagi para pelaku bisnis pada bidang tersebut.

Bank BTN - Kilas Finansial Online

 

Menuju Best Mortgage Bank

Tak puas menjadi posisi pertama di pangsa KPR subsidi Indonesia dengan porsi lebih dari 90%, Bank BTN juga mengusung target menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

Untuk menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara, Bank BTN menyusun roadmap serta rencana bisnis untuk melakukan transformasi.

Nixon LP Napitupulu, Plt Direktur Utama Bank BTN, mengatakan, roadmap tersebut terdiri dari upaya peningkatan low-cost funding sebesar dua kali lipat menjadi Rp270 triliun. Kemudian, mendorong keterjangkauan akses perumahan bagi lebih dari enam juta masyarakat Indonesia dan membangun one stop shop financial solution untuk bisnis terkait perumahan.

Bank BTN juga akan menjadi inovator digital dan home of Indonesia’s best talent serta membangun portofolio kredit yang berkualitas tinggi dan menurunkan rasio kredit macet.

Roadmap menuju best mortgage bank di Asia Tenggara dimulai dari tahun 2020 dengan melakukan transformasi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kemudian, pada tahun 2022 Bank BTN akan memperluas cakupan bisnisnya, dan terakhir pada tahun 2025 Bank BTN akan memiliki pelayanan kelas dunia berkat pemanfaatan teknologi digital.

Ada 10 tema strategis yang akan dijalankan oleh Bank BTN untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, yakni penyempurnaan branch operating model, kemitraan/pertumbuhan anorganik, pengembangan pembiayaan perumahan untuk segmen emerging affluent dan affluent, pengembangan program kepemilikan rumah KPR subsidi, memperluas real estate value chain, mengembangkan solusi keuangan lengkap, mengembangkan channel transaksi elektronik, penerapan struktur SBU untuk menciptakan organisasi yang berorientasi pada kinerja, proses bisnis kredit yang lebih baik dan kokoh, serta mempertahankan tingkat NPL yang rendah di semua segmen.

Dengan sejumlah strategi yang akan dijalankan tersebut dan didukung oleh transformasi digital seperti KPR From Home, diharapkan Bank BTN berhasil menjadi the best mortgage bank di Asia Tenggara pada tahun 2025. Dengan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, Bank BTN pun akan memberikan yang terbaik pula bagi masyarakat Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×