kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,72   -0,58   -0.06%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suku Bunga BI Diprediksi Naik, Raih Cuan dari Buka Rekening Deposito


Kamis, 14 Juli 2022 / 17:30 WIB
Suku Bunga BI Diprediksi Naik, Raih Cuan dari Buka Rekening Deposito
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Sejak Maret 2022, Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed) sudah menaikkan tiga kali suku bunga menjadi 1,5%-1,75%. Washington Post seperti dilansir Kontan.co.id melaporkan bahwa The Fed akan kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada Juli ini.

Di tengah kebijakan suku bunga The Fed yang makin agresif, para ekonom memperkirakan Bank Indonesia (BI) setidaknya akan meningkatkan suku bunga acuan pada Juli atau Agustus 2022. Jika suku bunga acuan BI naik, inilah saat yang tepat untuk buka rekening deposito.

Suku bunga acuan menjadi pedoman bagi bank dalam menetapkan suku bunga pinjaman, suku bunga tabungan, dan deposito. Ketika bank sentral menaikkan suku bunga acuan, bank juga akan menaikkan suku bunga deposito.

Baca Juga: Buka Tabungan Deposito J Trust Bank Sekarang, Bisa Dapat Bunga Kompetitif

Menaikkan suku bunga acuan menjadi salah satu kebijakan yang dilakukan bank sentral untuk mengendalikan laju inflasi. Saat suku bunga acuan naik, masyarakat cenderung menyimpan dana di tabungan atau deposito untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi.

Hal ini diharapkan akan menurunkan permintaan barang dan jasa sehingga mengurangi tekanan inflasi.

Prediksi kenaikan suku bunga acuan BI menguat seiring dengan kenaikan tingkat inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan laju inflasi Juni 2022 mencapai level 4,35%. Tingkat inflasi ini sudah di atas proyeksi BI sebesar 2%-4% dan merupakan yang tertinggi sejak lima tahun terakhir.

Di sisi lain, kebijakan moneter yang agresif dari The Fed berdampak pada respon investor di pasar modal, termasuk di Indonesia. Aliran modal asing yang keluar dari pasar saham dan tren pelemahan nilai tukar rupiah menyebabkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok. Berdasarkan data RTI Business, kinerja IHSG selama tiga bulan terakhir melemah sebesar 4,18%.

Dengan tingkat volatilitas tinggi pada pasar modal, investor dapat mengantisipasi kerugian dengan mengalihkan investasi pada instrumen yang berisiko rendah, sambil menunggu pergerakan pasar kembali stabil. Salah satu instrumen investasi yang rendah risikonya adalah deposito.

Simpanan pokok dalam deposito tidak akan dipengaruhi naik-turunnya pasar saham. Bunga deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan membuat dana berkembang optimal. Pilihan tenor yang beragam pun memudahkan investor buka rekening deposito dalam jangka waktu sesuai kebutuhan.

Bunga deposito spesial

Kabar baiknya, kini tersedia produk deposito dengan bunga spesial yang kompetitif dibanding deposito lainnya, yaitu program Deposito Special Rate dari J Trust Bank.

Dalam program ini, nasabah baru dapat membuka deposito dengan nominal Rp1 juta– Rp500 juta. Deposito dengan tenor tiga bulan menawarkan suku bunga sebesar 4,50% per tahun, sedangkan untuk tenor enam bulan, suku bunganya 4,75% per tahun.

Hasil bunga deposito yang diperoleh nasabah akan dikenakan pajak 20% sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, simpanan nasabah pada bank mengikuti aturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Untuk tingkat pemberian bunga simpanan yang melebihi aturan LPS, penjaminnya adalah bank sendiri, dalam hal ini J Trust Bank.

Cara buka tabungan deposito program Deposito Special Rate ini cukup mudah. Anda tinggal buka rekening tabungan di J Trust Bank dengan membawa fotokopi identitas diri dan NPWP serta menyetor dana penempatan minimumnya.

Dengan buka rekening Tabungan Tora, Tabungan J Trust, atau Tabungan J Trust One hingga 30 November 2022, nasabah berkesempatan ikut Undian Lucky Se7en berhadiah mobil hingga logam mulia dalam rangka ulang tahun J Trust Bank yang ketujuh. Caranya, setiap peningkatan saldo rata-rata Rp1 juta dari bulan sebelumnya akan mendapatkan satu nomor undian. Nomor undian setiap bulan akan diakumulasi sampai periode undian berakhir.

Mau raih cuan dengan buka rekening deposito bunga spesial? Kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, hubungi Ask J 1500 615, atau klik www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×