kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Tak penuhi tingkat kesehatan, OJK cabut izin usaha Tossa Salimas Finance


Kamis, 06 Desember 2018 / 14:47 WIB
Tak penuhi tingkat kesehatan, OJK cabut izin usaha Tossa Salimas Finance
ILUSTRASI. Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Tossa Salimas Finance. Pencabutan izin usaha ini tertuang dalam Keputusan Dewan Komisioner (KDK) Nomor KEP-93/D.05/2018 tertanggal 2 November 2018.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK Moch. Ihsanuddin menjelaskan, pencabutan izin usaha tersebut dilakukan karena Tossa Salimas tidak menyampaikan rencana pemenuhan tingkat kesehatan keuangan yang diwajibkan dalam Pasal 25 ayat (1), Pasal 31 ayat (1) dan (3), Pasal 32 ayat (3), serta Pasal 38 Peraturan OJK Nomor 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

"Dengan dicabutnya izin usaha tersebut, maka Tossa Salimas Finance dilarang melakukan kegiatan usaha di bidang Perusahaan Pembiayaan yang terhitung sejak 16 November 2018," kata Ihsanuddin dalam keterangan tertulis, Kamis (6/12).

Selain itu, Tossa Salimas juga wajib menyelesaikan hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Diantaranya, melanjutkan proses pengembalian buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) debitur yang telah lunas dan BPKB yang masih menggunakan bank, sebagai kesepakatan antar pihak.

Tossa Salimas juga diwajibakan memberitakan informasi secara jelas kepada debitur mengenai pembayaran dan penerimaan BPKB di daerah. Selanjutnya, menyediakan pusat informasi dan pengaduan masabah di internal perusahaan, serta penyelesaian pengalihan pembiayaan portofolio yang luar biasa.

Selain itu, sesuai dengan ketentuan Pasal 73 POJK Nomor 28 / POJK.05 /2014 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Pembiayaan, Tossa Salimas Finance dilarang menggunakan kata keuangan, pembiayaan atau pembiayaan syariah dalam nama perusahaan.

Tossa Salimas Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang beralamat di Jalan Raya Semarang Kendal KM 19. Lokasinya berada di desa Mangir, Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×