kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokomodal salurkan pinjaman hingga Rp 800 miliar di tahun lalu


Jumat, 05 Februari 2021 / 15:43 WIB
Tokomodal salurkan pinjaman hingga Rp 800 miliar di tahun lalu
ILUSTRASI. Tokomodal. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan usaha mikro, kecil & menengah (UMKM) di Indonesia yang kian meningkat tiap tahunnya selalu memberikan angin segar bagi sektor perekonomian. UMKM di Indonesia mampu memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi & menciptakan lapangan kerja.

Kolaborasi Tokomodal & PT Sumber Alfaria Trijaya yang telah berjalan selama tiga (3) tahun ini sangat mendukung program Pemerintah dengan melahirkan inovasi digital yang mempermudah UMKM terutama OBA (Pemilik warung atau Outlet Binaan Alfamart) menerima tambahan modal secara tepat, mudah & terjangkau untuk pengembangan usaha. 

Para pemilik warung kecil/OBA diedukasi untuk dapat mengikuti tantangan dalam ekosistem digital & diharapkan mampu menghadapi globalisasi. Adanya pertumbuhan pesat pengguna internet di Indonesia, dukungan Pemerintah untuk memajukan UMKM, merupakan faktor utama bagi Tokomodal untuk mengangkat pelaku UMKM agar ‘Go Digital’.

Baca Juga: Permudah transaksi investasi emas, IndoGold luncurkan fitur auto debit

Dengan mengusung tagline “Sahabat Usaha Mikro untuk Rakyat” inisiatif dari pengembangan teknologi ini merupakan bagian dari visi misi perusahaan untuk mewujudkan inklusi keuangan & memberdayakan UMKM serta menjangkau usaha mikro yang belum tersentuh oleh pelayanan perbankan (underserved & unbankable). 

Melihat peluang tersebut Tokomodal & Alfamikro mengoptimalkan keberadaan teknologi melalui bisnis model inovatif & kreatif. Para pemilik warung diberikan akses untuk mendapatkan pinjaman produktif, dengan waktu pinjaman yang fleksibel, syarat mudah dan kemampuan memperluas usaha terbentang luas bagi para pemilik warung/OBA.

Tingginya kepercayaan masyarakat pada Tokomodal mampu mengangkat capaian jumlah OBA berada pada kisaran 18.000 outlet, menjangkau 20 Provinsi di 200 Kota, dengan total pembiayaan yang telah disalurkan lebih dari Rp 800 miliar dalam 600 ribu transaksi. 

Co-founder dan Komisaris Tokomodal Chris Antonius bilang perkembangan Tokomodal ini tak lepas dari dukungan masyarakat. Di tahun ke-3 ini Tokomodal telah memiliki lebih dari 1.000 pemodal, yang siap untuk menyalurkan dana bagi pemilik warung/OBA. 

Baca Juga: Sejumlah perusahaan fintech memperluas jaringan bisnisnya hingga ke luar negeri

Sementara di tengah pandemi seperti saat ini, Chris yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) ini menambahkan, pihaknya akan terus menguatkan perannya dalam menjembatani kebutuhan OBA sebagai peminjam dengan pemodal. 

"Sejalan dengan hal tersebut, Tokomodal juga ikut mendukung program pemerintah untuk mendorong perkembangan UMKM," kata dia, Jumat (5/2).

Selanjutnya: KoinWorks dorong UKM atur manajemen cash flow untuk jaga stabilitas bisnis di 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×