kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   -10,04   -1.05%
  • EMAS944.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bank BRI investigasi kehilangan dana nasabah di Yogyakarta, saldo Rp 38 juta raib


Kamis, 02 Desember 2021 / 06:32 WIB
Bank BRI investigasi kehilangan dana nasabah di Yogyakarta, saldo Rp 38 juta raib
ILUSTRASI. Uang tabungan nasabah BRI Yogyakarta hilang, saldo Rp 38,4 juta tersisa Rp 95.000

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Yogyakarta. Kasus kehilangan uang tabungan di bank kembali terjadi. Terbaru, seorang nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) di Yogyakarta kehilangan  uang tabungan di rekeningnya hingga puluhan juta rupiah.

Nasabah Bank BRI Itu adalah Marsen Benedictus Sinaga (50). Ia melaporkan kehilangan uang tabungan di Bank BRI sebesar Rp 38,4 juta.

Marsen menceritakan, pada Kamis (25/11/2021) pukul 14.30 WIB dirinya akan mengambil uang di ATM yang ada di sekitar Prawirotaman. Saat mengambil uang, ia mendapatkan pemberitahuan bahwa saldo yang ia miliki hanya menyisakan Rp 95.000.

Padahal dua hari sebelumnya, Selas(23/11/2021), mutasi rekening tabungannya menunjukkan saldo yang dimiliki sebesar Rp 38,4 juta. Pada hari itu, Marsen mengaku hanya melakukan transaksi berupa transfer sebesar Rp 92.000 untuk membeli buku secara online.

Setelah itu, pada hari Rabu dia tidak melakukan transaksi apapun. Marsen baru baru mengetahui saldonya hilang saat melakukan penarikan di ATM pada hari Kamis.

Merespon laporan kehilangan uang tabungan nasabah, Pemimpin Cabang Bank BRI Yogyakarta Katamso, Rahmad Budi Sulistia, mengatakan, perseroan telah menerima dan menindaklanjuti pengaduan Marsen. “Dan saat ini tengah melakukan investigasi atas pengaduan dimaksud,” kata dia, dalam keterangannya, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Melalui BRImo, BRI beri kemudahan transaksi nasabah

Apabila kehilangan uang tabungan nasabah itu terbukti disebabkan oleh skimming, Bank BRI akan bertanggungjawab menyelesaikan hal tersebut. “Untuk memerangi kejahatan skimming, BRI telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan kepolisian untuk menangkap sindikat kejahatan skimming, dimana tidak hanya nasabah yang menjadi korban, namun juga BRI,” tuturnya.

Ia menghimbau kepada nasabah agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM, dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi, dan sebagainya.

Selain itu, apabila mendapat notifikasi melalui sms atau e-mail atas transaksi yang tidak dilakukan, nasabah diminta untuk segera menghubungi Contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan disable atau pemblokiran kartu ATM. “Apabila hendak menggunakan ATM perbankan dimanapun, agar selalu memeriksa kondisi sekitar dan kewajaran dari mesin ATM tersebut,” ucap Rahmad.

Kasus kehilangan uang tabungan di bank kerap terjadi. Catatan KONTAN, kasus kehilangan uang tabungan nasabah Bank BRI pernah terjadi pada bulan Februari tahun 2021.

kasus kehilangan uang tabungan ini terjadi di Bank BRI Bojonegoro. Setidaknya ada 5 nasabah yang melaporkan kehilangan uang tabungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BRI Buka Suara Soal Raibnya Dana Nasabah di Yogyakarta",


Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Bambang P. Jatmiko

 

 

Selanjutnya: Kelapa sawit dinilai akan menjadi energi terbarukan alternatif di masa depan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×