kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ujicoba QRIS Cross Border Disebut Berjalan Baik


Jumat, 27 Mei 2022 / 20:33 WIB
Ujicoba QRIS Cross Border Disebut Berjalan Baik
ILUSTRASI. Mitra binaan?Rumah BUMN Bank Mandiri.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) sedang dalam proses melakukan ujicoba Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antar negara (Cross-border QR) dengan bank sentral dua negara tetangga yakni Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand (BOT).

Ujicoba tersebut melibatkan sejumlah bank yang berperan sebagai bank settlement yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan CIMB Bank Berhad. Adapun operator sistem pembayaran yang terlibat diantaranya Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto) dan Payments Network Malaysia Sdn Bhd (PayNet).

Sejumlah pihak yang terlibat menyebutkan bahwa proses ujicoba tersebut berjalan dengan baik. Salah satunya disampaikan oleh SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi.

"Sejauh ini kami dan rekan-rekan penunjang transaksi QRIS masih melakukan uji coba untuk QR CrossBorder dan sejauh ini proses berjalan dg lancar. Saya mengapresiasi seluruh anggota piloting yg terus bekerjasama demi memberikan layanan terbaik untuk QRIS Cross border ini," kata Thomas pada Kontan.co.id, Jumat (27/5).

Baca Juga: Tren Suku Bunga Naik, Multifinance Hati-Hati dalam Mengerek Bunga Pembiayaan

Sama seperti transaksi QRIS pada umumnya, lanjut Thomas, Bank Mandiri bekerjasama dengan perusahaan switching, issuing, lembaga terkait seperti ASPI dan juga Bank Indonesia sebagai regulator dalam ujicoba QRIS Cross Border tersebut. 

Transaksi QRIS di Bank Mandiri mengalami pertumbuhan sangat pesat. Per April 2022, transaksinya telah mencapai lebih dari 4,8 juta dengan volume mencapai lebih dari Rp 570 miliar atau meningkat hampir 1.500% YoY.

Senada, Suryono Hidayat Direktur Marketing PT Rintis Sejahtera mengatakan, proses ujicoba QRIS Cross Border berjalan dengan baik. Dia bilang ada fintech dan beberapa bank yang digandeng pengelola jaringan ATM Prima tersebut dalam ujicoba itu. 

"Ini prosesnya settlement. Kita lihat proses transaksi QR yang di pakai di Malaysia. Dari sana  melalui perusahaan switching masuk ke perusahaan switching lokal di Indonesia. Selanjutnya kami melakukan connection juga ke bank settelment. Jadi waktu transaksi berjalan, itu uangnya sudah keluar disana. Nanti akhir hari kita proses disini kepada bank settlement. Itu yang sudah jalan saat ini," jelasnya. 

Baca Juga: Likuiditas dan Permodalan Terjaga, Bank J Trust Yakin Kinerja Tahun Ini Akan Membaik

Suryono mengatakan, pihaknya akan tunduk terhadap BI dalam pengimplementasian QRIS Cross Border itu ke depannya. Ia memandang potensinya sangat besar ke depan, terutama kerjasama dengan Singapura. Ia berharap proses ujicoba itu segera rampung sehingga bisa segera diluncurkan.

"Nanti kalau BI sudah kasih green light kalau negara yang sedang diujicoba oke, kita sebagai perusahaan switching tinggal masuk ke teknikal saja yakni menyambungkan," tambahnya.




TERBARU

[X]
×