kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres Ma'ruf Amin meresmikan bank wakaf mikro Ponpes Cipasung


Selasa, 08 Juni 2021 / 13:23 WIB
Wapres Ma'ruf Amin meresmikan bank wakaf mikro Ponpes Cipasung
Wapres Ma'ruf Amin resmikan Bank Wakaf Mikro Ponpes Cipasung.


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Selasa (8/6). Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Selasa (8/6). BWM merupakan upaya pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong usaha mikro syariah dan pemberdayaan masyarakat sekitar pesantren.

Ma'ruf berharap keberadaan BWM di Ponpes Cipasung dapat membangun ekosistem ekonomi syariah dan mewujudkan peran sosial ekonomi kepada masyarakat di sekitar pondok pesantren.

Sementara, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pendirian BWM Pondok Pesantren Cipasung merupakan bentuk kontribusi OJK dan industri jasa keuangan dalam menjalankan program-program pembiayaan dari pemerintah untuk kegiatan usaha mikro yang telah ada sebelumnya, seperti pembiayaan ultra mikro (UMi), program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar), KUR, KUR nelayan, dan lainnya.

Baca Juga: OJK sinergikan Bumdes dengan Lakupandai dan bank wakaf mikro

"Program BWM juga menjadi wadah ponpes yang selama ini berfokus pada akidah dan dakwah pendidikan, juga dapat mengoptimalkan peran dalam dakwah ekonomi," kata Wimboh dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6).

Hingga Juni 2021, tercatat ada 61 BWM di beberapa daerah dengan kumulatif penerima manfaat sebanyak 45.000 lebih nasabah, dan total pembiayaan sebesar Rp 67,4 miliar. OJK berinisiasi dengan aspek digitalisasi pembiayaan BWM, digitalisasi operasional BWM, dan digitalisasi pengembangan usaha nasabah BWM untuk ekosistem digital BWM.

Selanjutnya: Jadi instrumen baru, pengenalan SWR002 ke masyarakat masih penuh tantangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×