kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.427.000   7.000   0,49%
  • USD/IDR 16.160
  • IDX 7.321   96,85   1,34%
  • KOMPAS100 1.149   10,13   0,89%
  • LQ45 923   12,71   1,40%
  • ISSI 219   0,62   0,28%
  • IDX30 461   6,63   1,46%
  • IDXHIDIV20 555   8,24   1,51%
  • IDX80 129   1,33   1,04%
  • IDXV30 130   1,58   1,24%
  • IDXQ30 156   2,26   1,48%

Warung Pulsa Disulap Jadi AgenBRILink, Ibu Rumah Tangga Ini Bisa Beli Rumah Sendiri


Kamis, 07 Maret 2024 / 18:46 WIB
Warung Pulsa Disulap Jadi AgenBRILink, Ibu Rumah Tangga Ini Bisa Beli Rumah Sendiri
ILUSTRASI. Lili Setiawan menjadi AgenBRILink dari BRI sejak tahun 2017


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Nina Dwiantika

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa memperoleh penghasilan. Pasalnya, ada banyak jalan bagi ibu rumah tangga untuk bisa menghasilkan pundi-pundi keuangan untuk keluarga, salah satunya dengan menjadi agen laku pandai di perbankan.

Untuk itu, Lili Setiawan memutuskan untuk menjadi agen laku pandai dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yakni AgenBRILink. Sejak tujuh tahun lalu, Lili mulai mendirikan AgenBRILink dengan nama Star Cell di daerah Jembatan Lima, Jakarta.

Dengan berbekal konter pulsa, Lili menyulap warung konter pulsa miliknya menjadi AgenBRILink. “Selain membantu tetangga yang mau transfer atau simpan uang di bank, AgenBRILink ini juga memberikan penghasilan kepada saya berupa komisi atau fee dari setiap transaksi,” kata Lili, kepada Kontan, Senin (4/3).

Jalan Lili untuk menjadi AgenBRILink cukup berjalan mulus. Awalnya, selain berjualan pulsa, wanita kelahiran tahun 1976 ini memberikan layanan transfer dana antar bank untuk para tetangganya.

Dari hasil mulut ke mulut, layanan transfer dana yang diberikan Star Cell ini mulai diminati oleh para tetangga dan warga sekitar, karena konsumen tidak perlu repot ke kantor cabang atau ATM untuk melakukan transfer. Hanya cukup dengan menyetor uang dan memberikan nomor rekening yang dituju maka Lili langsung memproses transaksi keuangan tersebut.

Tapi lama kelamaan, Lili mulai kelabakan menghadapi permintaan transaksi tersebut, karena konsumen makin banyak meminta layanan transfer uang yang saat itu menggunakan rekening pribadinya.

keBaca Juga: BRI Proyeksi Transaksi Remitansi Naik hingga 25% pada Ramadan dan Lebaran 2024

Alhasil di awal tahun 2017, Lili memutuskan untuk menjadi AgenBRILink agar bisa melayani kebutuhan perbankan untuk para tetangga dan warga sekitar. Lewat AgenBRILink ini, Lili tidak perlu repot memfoto bukti transfer sebab AgenBRILink punya layanan cek mutasi dan struk sebagai bukti transaksi untuk nasabah.

Selama menjadi AgenBRILink, Lili mencatat konsumen banyak memanfaatkan layanan setor tunai, tarik tunai dan transfer, namun ada juga sebagian ibu-ibu rumah tangga yang membayar listrik dan air via agen BRILink. “Setiap hari, transaksi lewat AgenBRILink mencapai 100 per transaksi,” ucapnya.

Lili mengatakan pendapatan dari dari setiap transaksi AgenBRILink tersebut menguntungkan bagi dirinya. Paling tidak, komisi yang Lili terima dari transaksi AgenBRILink cukup lumayan, namun jumlah terus naik dan turun tergantung dari setiap transaksi.

Tak disangka, tak diduga, pendapatan komisi dari menjadi AgenBRILink ini telah menaikkan ekonomi Lili dan keluarga. Wanita berusia 47 tahun ini mampu menyekolahkan anaknya hingga bisa membeli rumah yang sebagian dananya berasal dari pendapatan menjadi AgenBRILink. “Ekonomi kami menjadi lebih bagus,” tambah Lili.

Sejauh ini, BRI terus gencar melebarkan edukasi keuangan kepada masyarakat. Agen laku pandai yakni AgenBRILink menjadi salah satu kepanjang tanganan BRI dalam memberikan edukasi soal keuangan mulai dari menabung di perbankan hingga mengenal produk keuangan lain.

Hingga Desember 2023, BRI mencatat jumlah AgenBRILink sebanyak lebih dari 740 ribu agen yang tersebar di 61 ribu Desa di seluruh Indonesia. Sementara volume transaksi tercatat sebesar Rp 1,43 Triliun.

Baca Juga: BRI Wujudkan Ketahanan Ekonomi Desa Melalui Program Desa BRILiaN

Cari Peluang

Ada banyak jalan menuju roma, pepatah ini cocok bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin memperoleh penghasilan selain dari suami. Misalnya dengan memanfaatkan diri menjadi AgenBRILink dari usaha kecil-kecilan yang sudah didirkan sejak awal.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, ibu rumah tangga dapat memanfaatkan agen laku pandai untuk menambah pendapatan mereka. Pasalnya, menjadi agen seperti di AgenBRILink ini tidak terlalu menyita waktu. “Apapun yang memberikan peluang dapat uang disaat ini menjadi opsi bagus,” kata Eko.

Boleh dibilang, menjadi AgenBRILini ini menjadi pekerjaan efektif untuk memperoleh pendapatan tambahan. Sebab pemilik agen tidak perlu modal besar untuk mendirikan suatu usaha, dan mereka tidak perlu datang ke bank untuk melakukan setoran ke bank, karena BRI akan jemput bola secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×