kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow, 763 agen asuransi cetak premi selangit!


Jumat, 22 Agustus 2014 / 14:00 WIB
Wow, 763 agen asuransi cetak premi selangit!
ILUSTRASI. Pahami 4 Cara Memilih Pelembab Wajah Sesuai Jenis Kulit dengan Benar


Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Ruisa Khoiriyah

JAKARTA. Produktivitas agen asuransi jiwa di Indonesia bertumbuh cukup mengesankan. Hal itu sedikit banyak tecermin dalam data terbaru produktivitas agen asji yang dilansir oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

AAJI mengungkapkan, ada sekitar 763 agen asuransi jiwa paling produktif dengan nilai pendapatan premi lebih dari Rp 543,48 juta sepanjang tahun 2013. Mereka ini tergabung dalam keanggotaan Million Dollar Round Table alias MDRT. Jumlah keanggotaan itu meningkat 16% ketimbang tahun sebelumnya yang sebanyak 656 orang.

Namun demikian, Hendrisman Rahim, Ketua Umum AAJI mengatakan, jumlah tersebut baru sekitar 0,2% dari total agen asuransi jiwa di Indonesia yang sebanyak 356.731 orang pada akhir tahun lalu. Pencapaian itu menempatkan Indonesia di urutan ke-3 sebagai anggota MDRT Asia Pasifik setelah Filipina sebanyak 1.110 agen dan Singapura 851 agen.

“Indonesia berada di urutan ketiga anggota MDRT dengan jumlah 763 agen atau 0,2% dari total agen asuransi jiwa berlisensi. Di negara maju seperti Amerika Serikat dan Hong Kong, keanggotaan MDRT sudah tembus 1,5% sampai 2% dari total agen asuransi jiwa di negara mereka,” ujarnya, Jumat (22/8).

Menurut Hendrisman, asosiasi akan terus berupaya agar pertumbuhan anggota MDRT bisa sejalan dengan pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa secara keseluruhan. Secara total, agen asuransi jiwa berlisensi dipatok mencapai 500.000 orang sampai akhir tahun depan.

“Pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa nasional rata-rata bisa di atas 10% per tahun. Ke depannya, kami berharap, pertumbuhan jumlah agen asuransi jiwa yang tergabung dalam MDRT bisa sejalan,” terang dia.

Lucy Dewani, Country Chair MDRT Indonesia menambahkan, untuk menjadi anggota MDRT, agen haruslah menghasilkan premi sedikitnya Rp 543,48 juta per tahun. Untuk masuk ke dalam kualifikasi lebih tinggi lagi, yaitu Court of the Table (COT), agen harus mengantongi premi hingga Rp 1,63 miliar dan Top of the Table (TOT) sebesar Rp 3,26 miliar.

“Selain itu, agen-agen yang berproduksi dengan syarat produksi premi tersebut harus mendaftarkan diri mereka dalam keanggotaan MDRT. Kami akan mendorong agen-agen yang belum menjadi anggota untuk meningkatkan produksi preminya dan mendaftarkan diri. Kami harap, tahun depan, jumlah anggota MDRT mencapai 1.000 agen,” imbuh dia.

Tahun ini, penyelenggaraan MDRT Day akan digelar di Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan. Acara ini mengusung tema Way To The Top dengan menghadirkan profesional lokal dan asing yang memberikan motivasi dan cerita-cerita inspiratif bagi para agen asuransi, seperti Bhupinder Anand, Godfrey Phillips dan Brian Heckert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×