kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17 bank danai Tol Pemalang-Batang Rp 3,22 triliun


Rabu, 24 Mei 2017 / 12:07 WIB
17 bank danai Tol Pemalang-Batang Rp 3,22 triliun


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memimpin kredit sindikasi proyek pembangunan jalan Tol Pemalang-Batang. Kontribusi pembiayaan bank dalam proyek ini sebesar Rp 3,22 triliun dari total kebutuhan dana Rp 4,88 triliun.

Bank berkode saham BBNI ini tercatat sebagai mandated lead arranger, book runner, agent dan kreditur dalam sindikasi dengan debitur yaitu PT Pemalang Batang Tol Road.

Selain BNI tercatat ada 16 bank lain yang berpartisipasi dalam proyek ini. Keenam belas bank itu terbagi menjadi dua, yaitu sebagai arranger dan kreditur.

Bank yang berperan sebagai arranger dan kreditur ada empat, yaitu ICBC, Bank Artha Graha, Bank Panin dan BNI Syariah. Sedangkan bank yang bertindak sebagai kreditur ada 12, mayoritas BPD, yaitu Bank Sulselbar, Bank Sumut, Bank Nagari, Bank Sulselbar, BPD DIY, BPD Jambi, Bank Kalteng, Bank Malukumalut, BPD DIY Syariah. Selain itu ada juga Bank Aceh dan Bank BJB Syariah.

Putrama Wahju Setyawan, Direktur Bisnis Menengah BNI mengatakan, dalam sindikasi ini BNI berkontribusi sebesar Rp 1,5 triliun.

"Pembiayaan sindikasi 16 bank ini akan mengakselerasi proyek pembangunan jalan Tol Pemalang-Batang yang mencapai total 39,29 kilometer dan menghubungkan Pemalang, Pekalongan, dan Batang di Jawa Tengah," ujar Putrama, Rabu (24/5).

Selain BNI, beberapa bank lain seperti Bank Panin berkontribusi sebesar Rp 220 miliar, kemudian BNI Syariah dan Bank Aceh Syariah masing-masing menyalurkan Rp 200 miliar.

Sindikasi ini, menurut Putrama, menunjukkan semakin besarnya minat sektor perbankan yang bersedia menyalurkan pembiayaan ke sektor infrastruktur strategis. Dengan kerjasama pembiayaan ini diharapkan menjadi faktor penting percepatan pembangunan sektor infratruktur yang tengah digagas oleh pemerintah.

Ruas jalan tol Pemalang-Batang ini merupakan salah satu bagian penting dari Jaringan Jalan Trans Jawa (Jakarta-Surabaya) yang termasuk ke dalam daftar Percepatan Proyek Strategis Nasional yang ditargetkan untuk beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2018.

Sebelumnya, pembangunan ruas jalan Tol Pemalang-Batang ini telah dimulai dengan groundbreaking yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Desa Pasekaran, Batang, Jawa Tengah, pada 17 Juni 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×