kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adira dongkrak pembiayaan lewat ekspansi digital


Kamis, 13 April 2017 / 15:17 WIB
Adira dongkrak pembiayaan lewat ekspansi digital


Reporter: Anisah Novitarani | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Seperti perbankan, pelaku industri multifinance pun terus mendongkrak transaksi lewat lini bisnis digital. Coba saja tengok aksi PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) yang menggandeng situs jual beli online OLX dan Cermati.com.

Director Sales and Distribution Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, kerja sama ini lantaran perkembangan pasar yang semakin banyak ke segmen digital. Alasan lain, OLX menjual produk mobil dan motor. "Kerjasama ini sudah kami mulai sejak Maret 2017," ujar Hafid, Rabu (12/4).

Tahun ini, perusahaan pembiayaan milik Bank Danamon tersebut menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 34 triliun. Target tersebut naik sekitar 10% dibandingkan realisasi pembiayaan tahun lalu.

Hingga kuartal I-2017, Adira Finance telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 7,3 triliun, naik 5% secara tahunan (year on year).

Pertumbuhan positif ini diperoleh dari kontribusi penyaluran pembiayaan mobil sebesar 54%. Sedangkan pembiayaan motor sebesar 45%, dan barang rumah tangga (durable goods) sebesar 1%.

Menurut Hafid, selain mengandalkan pembiayaan mobil yang tengah tumbuh positif, Adira juga memacu pasar kendaraan bekas. Sebagai gambaran, pembiayaan mobil baru naik 13% di kuartal I 2017.

Sedangkan pembiayaan mobil bekas naik 9% pada periode yang sama. Disusul pembiayaan motor bekas tumbuh 12%. Sayangnya, pembiayaan motor baru turun 4%.

Kendati memacu pembiayaan, Adira Finance tetap mencermati kualitas kredit. Hafid bilang, rasio pembiayaan bermasalah atawa non performing financing (NPF) di bawah level 2%.

"NPF masih didominasi oleh pembiayaan motor daripada mobil, karena motor marginnya lebih besar," ujar Hafid.

Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance menambahkan, kerja sama dengan OLX ini diharapkan dapat memenuhi target pembiayaan 3.000 mobil dan 2.000 motor pada enam bulan pertama tahun ini.

Ia menjelaskan, proses pembelian secara kredit melalui OLX menawarkan kemudahan. Pembeli yang mengajukan pembiayaan dan telah memenuhi dokumen akan diproses dalam tempo dua kali 24 jam.

Selain ekspansi digital, Adira Finance akan menambah outlet kedai yang merupakan hasil kerjasama dengan komunitas. Saat ini, sudah ada 1.700 kedai dan ditargetkan bertambah menjadi 2.000 kedai di akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×