kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTN mulai terbitkan kartu debit berlogo GPN


Senin, 09 April 2018 / 15:48 WIB
BTN mulai terbitkan kartu debit berlogo GPN
Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bank BTN


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) menyatakan per akhir 31 Maret 2018 seluruh bank penerbit kartu debit harus sudah mulai meluncurkan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN).

Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI Pungky Purnomo Wibowo mengungkap, saat ini sudah ada empat bank yang meluncurkan kartu debit berlogo GPN.

Keempat bank tersebut antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk dan PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI).

Tak mau ketinggalan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyatakan pihaknya sudah menerbitkan kartu berlogo GPN berupa lambang Garuda.

Direktur konsumer BTN Budi Satria menjelaskan, kartu ATM atau debit berlogo GPN tersebut sudah resmi diterbitkan pada tanggal 28 Maret 2018 silam, dengan tahap awal pelaksanaan pilot project didistribusikan ke beberapa cabang utama BTN.

"Saat ini prosentase pencapaian masih kurang dari 5% dari total kartu ATM/debit bank BTN yang aktif," kata Budi kepada Kontan.co.id, Senin (9/4).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) nomor 19/8/PBI/2017 tentang GPN, dalam aturan ini dijelaskan bahwa pihak yang terhubung dengan GPN wajib untuk mencantumkan logo nasional pada setiap instrumen pembayaran yang diterbitkan.

Budi menambahkan pihaknya akan memaksimalkan upaya untuk penggantian dan penerbitkan kartu tersebut. Adapun, total kartu debit yang akan diganti menjadi kartu berlogo nasional diproyeksikan akan berjumlah sebanyak 400.000 kartu pada akhir tahun 2018. Catatan saja, saat ini jumlah pemegang kartu debit BTN sudah mencapai 5,4 juta kartu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×