kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bunga bank susut, investor KoinWorks mekar 100%


Selasa, 03 Oktober 2017 / 18:25 WIB
Bunga bank susut, investor KoinWorks mekar 100%


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Return yang ditawarkan oleh pelaku teknologi finansial berbasis pinjam meminjam memang terhitung menarik. Dus, minat investor untuk menempatkan dananya di fintech lending kian semarak.

Tak terkecuali dengan perusahaan di bawah naungan PT Lunaria Annua Teknologi alias KoinWorks yang juga meraih berkah. Pasca bank menurunkan suku bunganya, investor KoinWorks tumbuh melebihi angka 50%.

Bernard Arifin, Chief Operating Officer (COO) KoinWorks mengatakan, jumlah investor memang terus mengalami peningkatan sampai saat ini. KoinWorks mencatat, dari investor yang masuk sebelumnya hanya berkisar 100 hingga 200 orang per hari, saat ini terus tumbuh hampir 100%.

Adapun secara keseluruhan, saat ini KoinWorks telah memiliki 21.000 investor aktif. Nominal ini tumbuh berkali kali lipat dari awal tahun lalu yang hanya tercatat sebesar 5.000 hingga 10.000 investor.

"Dari total investor aktif tersebut setidaknya 70% yang berminat untuk investasi berulang di KoinWorks," ujar Bernard kepada KONTAN, Selasa (3/10).

Dari sisi imbal hasil, saat ini KoinWorks memberikan return sebesar 20% per tahun kepada pemberi pinjaman. Sementara bunga yang dipatok untuk peminjam berkisar 9% hingga 20%.

Ke depan, Bernard optimistis minat investor untuk menempatkan dananya di fintech lending kian membiak. Apalagi dengan tren melandainya suku bunga, hal ini bisa menjadi katalis positif untuk menarik minat investor.

Saat ini profil investor KoinWorks yakni keseluruhan berasal dari perorangan atawa ritel. Sedangkan peminjam berasal dari segmen usaha kecil menengah (UKM).

Sementara, KoinWorks masih akan melihat kondisi pasar untuk menurunkan bunga pinjaman. Menurutnya, hal yang terpenting ialah segmentasi risiko peminjam untuk menyesuaikan kisaran bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×