kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efisiensi, Bank Kesejahteraan Ekonomi incar laba Rp 30 miliar tahun ini


Kamis, 19 April 2018 / 12:29 WIB
Efisiensi, Bank Kesejahteraan Ekonomi incar laba Rp 30 miliar tahun ini
ILUSTRASI. Gedung Bank Kesejahteraan - Bank Kesejahteraan Ekonomi BKE


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank kecil tengah menyusun strategi efisiensi guna meningkatkan profitabilitas. Beberapa langkah yang ditempuh antara lain dengan mengalihfungsikan kantor cabang serta mendorong performa digital banking.

Salah satunya, PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) yang segera menggodok strategi efisiensi tahun ini. Hal ini menurut Direktur Utama BKE Sasmaya Tuhuleley dilakukan pasca profitabilitas perseroan menurun setelah peningkatan pencadangan tahun 2017.

 "Penurunan NIM (net interest margin) karena fokus ke kredit-kredit yang risikonya relatif rendah seperti kredit pensiunan, kredit beragunan dan peningkatan biaya," kata Sasmaya kepada Kontan.co.id, Kamis (19/4).

Lebih lanjut BKE tetap mengedepankan segmen kredit yang lama yaitu fokus pada kredit modal kerja koperasi, pensiunan, payroll dan beragunan atau secure loan untuk meningkatkan volume pembiayaan.

Sementara untuk efisiensi, Sasmaya menyebut pihaknya akan memperbaiki otomasi melalui optimaisasi infrastruktur teknologi informasi. Serta membatasi pembukaan cabang pada tahun 2018, yakni hanya satu sampai dua cabang yang akan dibuka tiap tahunnya.

Struktur organisasi pun juga akan lebih dirampingkan, dengan membuat sentra kredit dan sentra operasi agar lebih efisien.

"Bagi BKE kunci efisiensi adalah meningkatkan skala ekonomi bank dengan meningkatkan aset, khususnya kredit," tambahnya. Sebagai pemulus, tahun ini BKE juga akan melakukan aksi korporasi yakni rights issue sebesar Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar dalam waktu dekat.

Bila seluruh strategi dan penambahan modal berjalan mulus, Sasmaya optimistis mampu memupuk laba sebesar Rp 30 miliar hingga Rp 40 miliar tahun ini. Target tersebut naik lebih dari dua kali lipat realisasi laba perseroan tahun lalu yang mencapai Rp 14,31 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×