: WIB    --   
indikator  I  

Eximbank kumpulkan pebisnis ekspor di Medan

Eximbank kumpulkan pebisnis ekspor di Medan

MEDAN. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Indonesia Eximbank kumpulkan para stakeholder bisnis ekspor di Medan, Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan sewindu usia Eximbank.

Plt Direktur Eksekutif Eximbank Susiwijono Moegiarso berharap sinergi antar pemangku kepentingan mulai lembaga yang dipimpinnya dengan sejumlah pihak lain semisal pemerintah dan pelaku usaha bisa makin erat.

Terlebih, kondisi kinerja ekspor disebutnya makin membaik pada saat ini. Secara nasional kegiatan ekspor makin menggeliat hingga mencatatkan pertumbuhan nilai ekspor sebesar 14,03% secara year on year menjadi US$ 79,96 miliar.

Susiwijono bilang dalam usia delapan tahun, lembaga tersebut sudah mampu mendorong peningkatan kegiatan ekspor dari Indonesia. Baik oleh perusahaan skala besar maupun UKM.

Aset dari Eximbank terus meningkat seiring dengan jumlah pembiayaan yang disalurkan dari waktu ke waktu. Sampai bulan Juni kemarin, Eximbank mencatatkan jumlah aset sebesar Rp 108,38 triliun.

Dari total aset sebesar itu, sebanyak Rp 96,82 triliun diantaranya adalah piutang pembiayaan. "Outstanding ini kami targetkan terus tumbuh hingga menembus Rp 105 triliun sampai akhir tahun nanti," kata dia, Jumat (11/8).

Outstanding pembiayaan sampai semester I tahun ini meningkat 9,5% secara year to date. Dia bilang kenaikan ini diantaranya didorong oleh perbaikan harga komoditas sejak akhir tahun lalu yang mendorong kegiatan ekspor di sektor ini.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Dessy Rosalina

LPEI

Feedback   ↑ x
Close [X]