kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini target bisnis Bukopin usai diambilalih Kookmin Bank


Selasa, 04 Agustus 2020 / 07:25 WIB
Ini target bisnis Bukopin usai diambilalih Kookmin Bank
ILUSTRASI. Suasana pelayanan nasabah di kantor pusat Bank Bukopin,


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mulai bersiap menyambut KB Kookmin Bank yang ditengarai bakal menjadi pengendali baru . Untuk itu, Bank Bukopin menyiapkan sejumlah strategi guna mendorong pertumbuhan bisnis perbankan selanjutnya. 

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengaku, dengan masuknya Kookmin Bank pihaknya bisa lebih optimistis dalam menargetkan kinerja dengan adanya tambahan modal tersebut. Belum lagi, pada 25 Agustus 2020 mendatang, Bank Bukopin bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk membahas rencana penambahan modal lewat skema private placement.

Baca Juga: Private placement Kookmin di Bukopin paling lambat September 2020

"Kookmin tidak mau berhenti di situ. Kookmin ingin menjadi mayoritas dengan menambahkan minimal 51% kepemilikan saham lewat komitmen penambahan modal lagi," kata dia dalam Video Conference, Senin (3/8).

Malahan, bila dapat terlaksana, Kookmin berniat untuk mengincar porsi kepemilikan saham sebesar-besarnya 67% di Bank Bukopin.

Menurut Rivan, bila hal tersebut terlaksana maka rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Bukopin bisa meningkat menjadi 17%. Tentu, dari segi operasional dan rencana bisnis ke depan, dengan tambahan modal tersebut Bukopin bisa lebih tenang dalam berekspansi.

Ada beberapa target optimis yang ingin dicapai perusahaan. Antara lain kredit paling rendah diharapkan tumbuh 3% dan maksimal sampai 5% di tengah situasi pandemi Covid-19. Sementara untuk dana pihak ketiga (DPK) diramal bisa terkerek naik hingga ke level 15% di penghujung tahun 2020.

Lalu, dengan masuknya pemegang saham baru ekuitas Bank Bukopin diharapkan juga akan ikut terkerek naik hingga sebanyak 33% secara year on year (yoy). "Harapan kami laba juga akan tumbuh mencapai 18%," kata Rivan.

Memang, ada sederet strategi bisnis yang sudah disiapkan oleh perseroan. Salah satunya yaitu kolaborasi berupa technical assistance antara Bank Bukopin dengan Grup KB Kookmin. Utamanya, pola bisnis perseroan menurut Rivan tidak akan banyak berubah yakni akan fokus pada segmen konsumer dan juga UMKM.

Baca Juga: Kempit 33,9% saham, KB Kookmin Bank resmi jadi pengendali Bank Bukopin

Rivan juga menyinggung mengenai adanya isu yang menyebut kalau Bank Bukopin kini diambilalih oleh asing. Menurutnya, melihat kondisi pandemi Covid-19 dan perlambatan ekonomi maka wajar-wajar saja penambahan modal harus segera dilakukan.

"Nasionalisme tidak melihat dari kepemilikan saham tapi kontribusinya terhadap usaha, dengan melihat fokus UMKM kami akan bisa memberikan kontribusi yang baik," pungkas dia..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×