kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45761,05   23,90   3.24%
  • EMAS1.013.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 1.08%
  • RD.CAMPURAN 0.54%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Private placement Kookmin di Bukopin paling lambat September 2020


Senin, 03 Agustus 2020 / 20:47 WIB
Private placement Kookmin di Bukopin paling lambat September 2020
ILUSTRASI. KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) telah memastikan bahwa KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham pengendali (PSP) Bukopin. Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan bulan ini pihaknya bersama pemegang saham juga bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) untuk membahas rencana penambahan modal.

Memang, merujuk pada keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Bank Bukopin akan menggelar RUPSLB pada 25 Agustus 2020 mendatang. Bisa dibilang, agenda utama dalam RUPSLB tersebut adalah persetujuan pelaksanaan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atawa private placement.

"Pada RUPSLB 25 Agustus 2020 mendatang, agendanya adalah meminta persetujuan penambahan modal dari KB Kookmin Bank melalui private placement," terang Rivan dalam video conference di Jakarta, Senin (3/8) malam. Lebih lanjut, bank dengan kode saham BBKP ini juga menuturkan pihaknya juga telah melakukan simulasi rencana penambahan modal langsung tersebut.

Baca Juga: Kempit 33,9% saham, KB Kookmin Bank resmi jadi pengendali Bank Bukopin

Menurut Rivan, KB Kookmin Bank setidaknya mengincar kepemilikan saham di Bank Bukopin sebesar 51%. Tujuan untuk memenuhi peraturan Undang-Undang mengenai Perseroan Terbatas. Dalam private placement mendatang ini KB Kookmin Bank akan mendorong kepemilikan sahamnya di Bukopin mencapai 67%.

"Ini artinya, jika kepemilikan Kookmin mencapai 67% maka CAR kami akan mencapai 17%. Tapi kami akan lihat masuk berapa," imbuhnya. Dia juga mengatakan, kalau KB Kookmin Bank berkomitmen untuk mempercepat proses penambahan modal.

Bila tak ada aral melintang, diharapkan rencana private placement tersebut bisa dilangsungkan selambat-lambatnya September 2020. "Mereka ingin segera dilakukan di bulan Agustus, paling lambat September," imbuh Rivan.

Sejatinya, menurut catatan Bukopin, saat ini posisi CAR sudah ada di level 12,59% atau memenuhi batas ketentuan yang ditetapkan OJK. Nah, setelah Penawaran Umum Terbatas (PUT) V yang dilangsungkan Bukopin ditutup pada 30 Juli 2020 maka CAR Bukopin diperkirakan akan bergerak ke level 14%.

Baca Juga: Sah, KB Kookmin Bank resmi jadi pemegang saham terbesar Bank Bukopin

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×