kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,39   6,03   0.65%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Ramadan, bank gencar tebar promo kartu kredit


Minggu, 22 April 2018 / 19:00 WIB
Jelang Ramadan, bank gencar tebar promo kartu kredit
ILUSTRASI. Peluncuran kartu kredit CIMB Niaga Indosat Ooredoo


Reporter: Yoliawan H | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memanfaatkan momen Ramadan yang akan dimulai bulan depan, perbankan sudah mulai gencar untuk menebar promo kartu kredit guna tingkatkan gesekan kartu. Maklum, tren transaksi kartu kredit biasanya akan meningkat di bulan Ramadan.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) pun akan banyak menebar promosi pada merchant yang bekerja sama dengan mereka. Adapun Ramadan menjadi salah satu momen penting untuk menggenjot pertumbuhan kartu kredit.

Lani Darmawan, Direktur Bisnis Konsumer CIMB Niaga menjelaskan, transaksi kartu kredit sangat bergantung pada festive season seperti Ramadan dan libur akhir tahun. Transaksi kartu kredit di Ramadan pasti akan naik.

“Kuartal I pertumbuhan kartu kredit baru sekitar 2%. Memang trennya seperti itu. Namun, di Ramadan transaksi akan tinggi terutama pada konsumsi di groseri,” jelas Lani kepada Kontan.co.id belum lama ini.

Lani menjelaskan, akan ada banyak promosi yang disebar karena Ramadan merupakan festive season nomer satu untuk kartu kredit. Program seperti promo diskon di travel agent, hotel, supermarket, toko baju, cicilan 0% akan disiapkan. Terutama untuk belanja groseri akan paling gencar.

“Peningkatan transaksi di bulan Ramadan biasanya sebesar 15% sampai 18% dari bulan biasa,” jelas Lani.

Tahun ini, pihaknya menargetkan pertumbuhan transaksi sekitar 15% yoy untuk outstanding kartu kredit. Untuk jumlah kartu per kuartal I sudah ada 2,7 juta kartu, targetnya akan tumbuh 15% sampai 20%.

Lani menambahkan, saat ini ada 23 penerbit kartu kredit di Indonesia. “Kita (CIMB Niaga) market share ada pada posisi 3 sampai 4,” ujar Lani. Sekadar informasi, hingga Desember 2017, outstanding kartu kredit perseroan mencapai Rp 8,15 triliun.

Senada, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) pun terus memacu gesekan kartu kredit jelang bulan Ramadan. Program khusus akan disiapkan guna meningkatkan transaksi kartu kredit.

Pemimpin Divisi Bisnis Kartu Kredit Bank BNI Okki Rushartomo menjelaskan, menyambut bulan Ramadan tahun 2018, kartu kredit BNI akan fokus dengan promo-promo di kategori travel baik untuk keperluan mudik maupun liburan secara umum, pun untuk kategori dining dan clothing.

Kartu Kredit BNI menyambut bulan Ramadan tahun 2018 ini fokus dengan promo-promo di kategori travel baik untuk keperluan mudik maupun liburan secara umum, kemudian yang menjadi fokus juga adalah kategori dining dan clothing.

Kartu Kredit BNI akan menjalankan program Garuda Online Travel Fair pada 3-9 Mei 2018 ini di mana nasabah bisa mendapatkan promo diskon hingga Rp 10 juta, cicilan 0% hingga 12 bulan sampai dengan 5x free GarudaMiles

Pada saat memasuki bulan Ramadan sendiri, Kartu Kredit BNI akan lebih fokus di kategori dining dan clothing. Kartu Kredit BNI memberikan diskon 20% di restoran grup Boga antara lain Shaburi, Kintan, Pepper Lunch dan Bakerzin. Selain itu banyak promo lainnya seperti di The Duck King dan Fook Yew

“Program travel sebagian besar akan berjalan dengan periode hingga sebelum bulan Ramadhan dimana nasabah masih bisa mendapatkan harga yg lebih baik,” jelas Okki kepada Kontan.co.id, Kamis (19/4).

“Secara total, pada periode bulan Ramadan tahun lalu, transaksi kartu kredit BNI meningkat 5% sampai 10% dengan peningkatan terbesar di kategori clothing dan travel,” ungkap Okki.

Selama kuartal I-2018 rata-rata transaksi kartu kredit BNI sebesar Rp 3,1 trilliun per bulan. Perusahaan ini menargetkan pertumbuhan sales volume untuk 2018 ini mencapai Rp 40 triliun.

Tidak mau kalah, Dessy Masri, Card & Payments Head PT Bank UOB Indonesia (UOB) menjelaskan rata-rata kenaikan sales di bulan puasa biasanya bisa mencapai hingga 16%. Sedangkan kenaikan jumlah transaksi hingga 18% dikarenakan naiknya transaksi di restoran.

“Untuk Ramadan tahun ini UOB akan menggelar serial Ramadan bareng Kartu UOB yang akan memberikan penawaran khusus untuk pembelanjaan di restoran, supermarket, travel agents, travel online, shopping online maupun di toko. Bentuk promonya beragam mulai dari diskon, gratis produk maupun cicilan,” jelas Dessy kepada Kontan.co.id, Kamis (19/4).

Pihaknya juga bekerjasama dengan Cashbac, mobile application yang baru saja hadir di industri dimana pembayaran kartu kredit melalui smartphone dengan metode tapping atau scan QR code dan pemegang kartu kredit UOB mendapatkan instant cashback yang lebih besar khusus di waktu berbuka puasa.

“Tapi untuk pertumbuhan volume hingga akhir tahun kami harapkan diatas 20%,” tutup Dessy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×