kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar KPR syariah diproyeksi akan semakin mekar


Senin, 23 Desember 2019 / 18:28 WIB
Pasar KPR syariah diproyeksi akan semakin mekar
ILUSTRASI. Ilustrasi Syariah. KONTAN/Muradi/2018/06/05


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ceruk pasar pembiayaan perumahan dengan skema syariah diperkirakan akan semakin besar. Oleh karena itu, perbankan kian aktif mencari strategi untuk menjaring potensi pasar sehingga tahun depan penyalurannya pembiayaan di sektor ini diharapkan akan tumbuh lebih mekar dari tahun 2019.

Prospek positif tersebut juga tercermin dari realisasi Kredit atau pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) syariah sepanjang tahun ini. Portofolionya mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Fintech dan tren transaksi digital, bagaimana upaya bank menghadapi disrupsi?

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya telah mencatatkan portofolio KPR Syariah sebesar Rp 11 triliun hingga November atau 33,4% dari total KPR perseroan sebesar Rp 33 triliun. KPR syariah itu meningkat 48% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Mortgage & Indirect Auto Business Head CIMB Niaga Heintje Mogi mengatakan, KPR Syariah tumbuh lebih pesat tahun ini dibandingkan KPR konvensional yang ditawarkan perseroan. Sementara total KPR secara keseluruhan hanya ditargetkan tumbuh 12%-13% sampai akhir tahun.

"KPR Syariah kami tumbuh kencang karena memang baru kita pacu dalam tiga tahun terakhir ini.  Ke depan prospeknya kami lihat juga masih sangat bagus," kata Heintje pada Kontan.co.id, Senin (23/12).

Baca Juga: BRISyariah kembali jadi bank syariah penyalur FLPP di tahun 2020

Tahun depan, CIMB Niaga menargetkan booking KPR bertambah sebesar Rp 11 triliun. Sebanyak 40% diharapkan merupakan KPR Syariah. Perseroan optimis, potensi pertumbuhan KPR Syariah akan semakin kencang biaya administrasinya lebih ringan, ada insentif LTV, dan semakin banyak masyarakat yang menjalankan prinsip keagamaan dalam mencari pembiayaan kepemilikan hunian.

Saat ini, CIMB Niaga memiliki produk KPR Syariah dengan tenor 10 tahun, 15 tahun, hingga 25 tahun dengan margin fixed 11,5%. Tahun depan, perseroan bakal meluncurkan produk baru untuk mendorong penyaluran KPR Syariah yang dinamakan Extra Pricing.

PT Bank Permata Tbk juga melihat prospek penyaluran KPR Syariah semakin menjanjikan tahun depan. Itu sebabnya, bank ini memutuskan untuk meluncurkan produk baru bertajuk KPR iB Bijak menjelang penghujung tahun.

Baca Juga: Strategi akhir tahun, CitraLand Cirebon gelar Festival Rumah Sudut

Permata KPR iB Bijak ini merupakan produk yang mensinergikan KPR dengan tabungan. Produk ini menawarkan tiga kelebihan. Pertama, cicilan akan semakin ringan jika memiliki tabungan di Permata Syariah.

Margin atau bunga bahkan bisa mencapai zero persen jika tabungan mencapai 125% dari plafon KPR. Kedua tenor bisa sampai 25 tahun dan ketiga proses persetujuan dapat dilakukan dalam lima hari.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×