kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,26   9,90   1.07%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan asuransi perjalanan naik


Rabu, 14 Juni 2017 / 06:10 WIB
Permintaan asuransi perjalanan naik


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Bulan Ramadan menuju Lebaran menuai berkah bagi para pelaku industri asuransi. Para pelaku industri asuransi memanen pendapatan premi dari bulan biasa.

PT Asuransi Simas Net misalnya yang memetik berkah dari bulan suci ini. Teguh Aria Djana, Presiden Direktur Asuransi Simas Net mengatakan, salah satu produk asuransi yang permintaannya meningkat adalah produk asuransi perjalanan. Dia mengatakan, permintaan asuransi perjalanan naik signifikan hingga 50%.

Demi menggenjot kenaikan permintaan, Simas Net memiliki strategi khusus. Yakni dengan memperluas distribusi melalui partner e-commerce yang sudah tergabung dengan perusahaan. Misalnya, Simas Net kini bekerjasama dengan beberapa e-commerce, seperti cermati, cekpremi, pasarpolis, rajapremi, futuready, asuransi88, OLX, Gojek, Loket.com, Oper dan kioson.

"Kami sudah berpartner dengan lebih dari 50 e-commerce, sisanya coming soon, diharapkan sampai akhir tahun tambah 20 e-commerce lagi," kata Teguh kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Kontribusi produk asuransi perjalanan milik Simas Net memang tidak mendominasi. Teguh mengatakan hanya 25% dari total premi berasal dari asuransi perjalanan. Namun dia optimistis bisa meraih kenaikan premi lumayan dari produk tersebut.

Hingga akhir 2017, Simas Net menargetkan bisa meraih pendapatan premi Rp 40 miliar. Nominal tersebut naik 81,82% dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp 22 miliar.

Penjualan meningkat

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) melalui produk bernama Travellin juga meraup untung. Bussines Development Division Head PT Adira Insurance Tanny Megah Lestari mengatakan, sebulan sebelum Lebaran, biasanya penjualan produk asuransi perjalanan meningkat 40%. Pihaknya percaya diri bahwa produk asuransi perjalanan bisa menyumbang peningkatan premi Adira Insurance tahun ini.

Saat ini, produk Travellin menyumbang kurang dari 50% terhadap pendapatan premi Adira. "Kami memiliki strategi melalui digital campaign dan terus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya asuransi selama perjalanan untuk melindungi keselamatan," kata dia.

PT Zurich Insurance Indonesia juga menggenjot produk asuransi perjalanan. Pada tahun 2016 lalu, premi asuransi perjalanan Zurich Insurance meningkat 25% dari tahun 2015. Tahun ini, Zurich optimistis, kenaikan pembelian produk asuransi perjalanan bisa terus berlanjut.

"Kami memiliki program Zurich Mudik yang dikaitkan dengan pembelian asuransi perjalanan di pembelian online kami di www.zurichclick.co.id," ujar kata Wirahadi Suryana, Corporate & Commercial Director Zurich Insurance Indonesia ke KONTAN. Menurut dia, program ini akan berlangsung selama momentum Ramadan dan Lebaran.

Wirahadi menambahkan, tahun ini Zurich berencana meningkatkan penetrasi bisnis di agen perjalanan. Perusahaan ini juga akan meningkatkan kapabilitas yang dimiliki di kanal digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×