Reporter: Adi Wikanto, Fransiska Firlana | Editor: Johana K.
Mulai tahun ini, perusahaan asuransi jiwa, Allianz Life Indonesia akan melebarkan sayap bisnisnya. Mereka tidak hanya menggarap konsumen di kota-kota besar. Namun, mereka juga juga akan menyasar konsumen di kota kecil atau second level.
Handojo G Kusuma, Direktur Allianz Life Indonesia bilang, sekarang semua perusahaan asuransi hanya menggarap kalangan menengah atas di kota-kota besar. Yakni di kota Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, dan Makassar. “Bila kita rame-rame di pasar yang sama, pertumbuhan bisnisnya tidak akan signifikan, karena banyak pesaing,” kata Handojo, kemarin.
Oleh karena itu, selain menggarap konsumen di kota besar, Allian Life juga akan menyasar calon nasabah di kota kecil. Seperti Malang, Purwokerto, Karawang, Cirebon, Tegal, dan Pekalongan. “Di kota kecil, juga banyak masyarakat yang membutuhkan asuransi jiwa,” kata Handojo.
Handojo menambahkan, ekspansi pasar ini merupakan salah satu strategi untuk mencapai target pendapatan premium bruto Rp 4 triliun pada 2010 ini. Selain itu, Allianz juga akan menambah jumlah telemarketing. Mengingat, tahun 2009 kemarin, telemarketing ikut mendorong pendapatan premi baru sebesar 36% atau mencapai Rp 687 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News