kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.800   -4,00   -0,03%
  • IDX 7.460   -19,91   -0,27%
  • KOMPAS100 1.153   -1,43   -0,12%
  • LQ45 914   0,41   0,05%
  • ISSI 225   -1,12   -0,49%
  • IDX30 472   0,95   0,20%
  • IDXHIDIV20 569   1,36   0,24%
  • IDX80 132   0,02   0,01%
  • IDXV30 140   0,92   0,66%
  • IDXQ30 157   0,24   0,16%

AAJI Proyeksikan Porsi Produk Tradisional dan Unitlink Bakal Berimbang pada 2024


Senin, 01 April 2024 / 06:28 WIB
AAJI Proyeksikan Porsi Produk Tradisional dan Unitlink Bakal Berimbang pada 2024
ILUSTRASI. AAJI kliam produk tradisional masih mendominasi pendapatan industri asuransi jiwa pada 2023


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat produk tradisional masih mendominasi pendapatan industri asuransi jiwa pada 2023.

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu memproyeksikan pada tahun ini, produk tradisional dan unitlink porsinya akan berimbang.

"Pertumbuhan unitlink dan tradisional diharapkan berimbang pada 2024 agar dapat mendorong pertumbuhan industri asuransi jiwa makin baik," kata Togar kepada Kontan, Jumat (29/3).

Togar menambahkan premi industri asuransi jiwa diperkirakan rebound setelah penyesuaian produk unitlink mengikuti regulasi terbaru, yaitu SEOJK Nomor 5 Tahun 2022.

Sementara itu, dia mengatakan produk tradisional masih mendominasi pendapatan premi industri asuransi jiwa pada 2023. Berdasarkan data full year 2023, produk tradisional mengambil porsi 52% atau Rp 92,33 triliun, sedangkan unitlink 48% atau Rp 85,33 triliun.

Baca Juga: AAJI: Klaim Kesehatan Meningkat Signifikan Selama 3 Tahun Terakhir

"Kami melihat hal itu sebagai gambaran bahwa pemahaman dan kesadaran akan kebutuhan produk asuransi di masyarakat makin membaik," tuturnya.

Togar mengatakan secara umum, total pendapatan premi pada akhir 2023 sebesar Rp 219,70 triliun. Nilai itu turun tipis 2%, jika dibandingkan total pendapatan 2022. 

Togar menyebut peningkatan produk tradisional merupakan indikator keberhasilan penetrasi dan literasi asuransi jiwa. Apabila masyarakat menginginkan produk asuransi dengan manfaat dan klaim yang pasti, tentu dapat memilih produk asuransi tradisional.

"Jika menginginkan fleksibilitas terkait klaim dan manfaat asuransi, masyarakat bisa menggunakan unitlink," kata Togar.

Dengan semangat transformasi dan kolaborasi, Togar menyatakan AAJI terus mendorong perusahaan asuransi jiwa untuk terus mengembangkan setiap produknya, baik produk tradisional maupun unitlink. Sebab, kedua produk memiliki keunggulan sesuai dengan kebutuhan profil nasabah yang berbeda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×