kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AAUI Harap Pimpinan OJK Terpilih Integrasikan Pengawasan Asuransi dengan Sektor Lain


Senin, 07 Maret 2022 / 14:58 WIB
AAUI Harap Pimpinan OJK Terpilih Integrasikan Pengawasan Asuransi dengan Sektor Lain
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan logo sejumlah perusahaan asuransi umum di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Jakarta, Rabu (18/11). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/11/2020.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin jelas seiring pengumuman 21 Nama Calon Anggota Dewan Komisioner yang lolos seleksi. Pelaku usaha sektor jasa keuangan pun berharap terjadi perbaikan pengawasan dan pengaturan. 

Wakil Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Bidang Information and Applied Technology, Dody Dalimunthe menyatakan semua calon tersebut merupakan sosok yang berkualitas dan terbaik di bidangnya masing-masing. Sebab panitia Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah diisi oleh orang-orang yang memiliki kredibilitas tinggi dalam menjaring dan menyeleksi para calon.

"Dengan demikian satu sosok dari ketiga pilihan di masing2 bidang juga akan menjadi komisioner yang ideal memimpin OJK ke depan. Pekerjaan rumah (PR) bagi komisioner OJK tentunya membawa lembaga ini menjadi pengawas sektor jasa keuangan yang independen dan kredibel," ujar Dody kepada Kontan.co.id pada Senin (7/3). 

Sehingga bisa mewujudkan industri jasa keuangan yang tangguh, tumbuh, dan berkelanjutan. Juga mampu melindungi konsumen dan masyarakat dengan memfasilitasi kebijakan sektor jasa keuangan yang berkeadilan dan mensejahterakan. 

Baca Juga: Pansel Serahkan 21 Nama Calon DK OJK, Ini Pekerjaan Rumah yang Menanti

"Beberapa tantangan yang akan dihadapi dan bahkan sudah di depan mata diantaranya adalah bagaimana kebijakan OJK secara cepat untuk memitigasi pandemi covid-19 terhadap pemulihan ekonomi. Khusus untuk industri asuransi tentunya bagaimana meningkatkan kembali kepercayaan publik sebagai dampak dari munculnya permasalahan-permasalahan industri yang mempengaruhi persepsi dan tingkat kepercayaan masyarakat," tambah Dody yang juga menjabat sebagai Direktur Utama NasionalRe .

Lanjutnya, pelaku jasa asuransi sangat berharap besar kepada kominisoner OJK ke depan, agar pengaturan dan pengawasan dapat dilakukan efektif agar industri asuransi menjadi sehat serta memberikan kontribusi bagi perekonomian negara. Untuk itu sistem pengaturan dan pengawasan harus terintegrasi dengan sektor lain dalam mendongkrak literasi dan perlindungan konsumen. 

"Harus adaptif pada perubahan dinamika industri yang sangat cepat, dukungan perhatian ke insurtech dan ekonomi digital. Juga mendukung dan menjadi pelopor isu2 global seperti keuangan berkelanjutan dan green economy," pungkasnya. 

Adapun daftar nama 21 orang calon anggota Dewan Komisioner OJK tersebut yaitu:

1. Calon Ketua Dewan Komisioner OJK merangkap anggota:
Mahendra Siregar
Darwin Cyril Noerhadi
Iskandar Simorangkir

Baca Juga: Diserahkan ke Presiden, Ini 3 Calon Ketua Dewan Komisioner OJK yang Lolos Seleksi

2. Calon Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota:
Mirza Adityaswara
Marwanto
Mohamad Fauzi Maulana Ichsan

3. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK merangkap anggota:
Dian Ediana Rae
Agusman
Ogi Prastomiyono




TERBARU

[X]
×