Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan peran keagenan makin terlihat di tengah pandemi. Bank bersandi saham BBRI mencatatkan jumlah agen BRILink di seluruh Indonesia pun mencapai lebih dari 503.000 agen, dengan jumlah transaksi mencapai 929 juta kali.
Selain itu, agen BRILink juga mampu menyumbang fee based income sebesar Rp1,3 triliun per tahun. Komitmen perseroan dalam meningkatkan sebaran agen BRILink ini juga sejalan dengan salah satu isu prioritas yang menjadi fokus Presidensi G20 2022, yakni financial inclusion.
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo didampingi oleh Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto pada Jumat, 11 Februari 2022 datang langsung mengunjungi salah satu Agen BRILink di Unit Sengkol, Lombok.
“Peran agen BRILink sangat penting dalam melayani kebutuhan transaksi masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang belum dijangkau oleh bank,” ujar Kartika dalam keterangan tertulis pada Minggu (13/3).
Baca Juga: Ditopang KPR, Kredit Properti Tumbuh 5,4% Jadi Rp 1.116,7 Triliun pada Januari
Dalam hal ini, BRI tercatat telah memberikan sharing economy kepada masyarakat sebesar 2-3 kali lipat dari fee based income yang diterima perseroan melalui agen BRILink yaitu Rp1,35 triliun. Jumlah agen BRILink di regional Denpasar sendiri tercatat mencapai 22.700 agen yang telah membukukan 48 juta transaksi. Adapun sumbangan fee based income agen BRILink di Denpasar mencapai Rp 66 miliar.
Besarnya potensi ekonomi yang disumbang oleh agen laku pandai tersebut turut dibuktikan oleh salah satu agen BRILink Deska di Unit Sengkol Praya, Lombok. Agen BRILink Deska tercatat telah bergabung menjadi agen BRILink mulai 2019.
Adapun rata-rata transaksi yang dibukukan mencapai 4.012 transaksi pada Februari 2022. Bahkan, agen BRILink dengan usaha utama berupa warung sembako ini mencatat sales volume hingga Rp 8,2 miliar pada periode tersebut.
Dewi yang merupakan pemilik agen ini merasa senang karena bisa membantu masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, baik setor tunai maupun mengambil uang. Ia mengaku telah mendapat banyak keuntungan selama menjadi agen BRILink.
Per bulan, pendapatannya pun menembus hingga Rp 20 juta. Banyaknya transaksi tersebut didapatkan terutama pada saat musim panen jagung. Menurutnya, banyak masyarakat yang melakukan transaksi dan setor tunai pada musim tersebut.
Baca Juga: Perbankan Salurkan Kredit Investasi Senilai Rp 1.484,9 triliun pada Januari 2022
Tak hanya itu, masyarakat juga dapat melakukan setor tunai mulai dari Rp 20.000 serta tidak perlu mendatangi ke kantor bank secara langsung. Ia menuturkan, agen BRILink Deska bahkan pernah melayani pelanggan hingga waktu dini hari. “Pernah ada yang mendatangi pukul 2 malam untuk setor tunai. Banyak masyarakat yang antusias atas kehadiran agen BRILink,” ujarnya. agen
BRILink ini menjadi perluasan layanan BRI dengan cara memberdayakan nasabah untuk melayani transaksi perbankan. Mulai dari transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, dan berbagai transaksi lainnya bisa dilakukan melalui agen BRILink.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News