kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akan terbitkan obligasi Rp 750 miliar, SAN Finance amankan peringkat AA


Jumat, 08 Maret 2019 / 12:07 WIB
Akan terbitkan obligasi Rp 750 miliar, SAN Finance amankan peringkat AA


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan peringkat nasional jangka panjang AA(idn) dengan outlook stabil untuk obligasi rupiah senior tanpa jaminan PT Surya Artha Nusantara Finance (SANF). Peringkat tersebut berlaku untuk program Obligasi Berkelanjutan III dengan jumlah maksimum Rp 2,5 triliun, obligasi berkelanjutan III tahap I dengan jangka waktu 370 hari, dan obligasi berkelanjutan III tahap I dengan jangka waktu tiga tahun.

Peringkat ini menunjukkan risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Sebagai informasi, obligasi yang akan SAN Finance terbitkan di tahap ini berjumlah maksimum Rp 750 miliar. Hasil penerbitan ini akan digunakan untuk modal kerja dan melunasi Obligasi Berkelanjutan II jatuh tempo.

Menurut Fitch, peringkat ini juga mencermintakan ekspektasi bahwa SAN Finance akan terus mendapat dukungan dari PT Astra International Tbk (ASII) sebagai pemegang saham mayoritas sebesar 60%. Meskipun begitu, peringkat tersebut juga memperhitungkan peranan terbatas SAN Finance untuk Grup Astra, mengingat kepemilikan dan target pasarnya.

SAN Finance menyediakan pembiayaan untuk perusahaan yang membeli alat berat dari PT United Tractors Tbk (UNTR). Perusahaan ini adalah anak usaha Astra di bidang distribusi alat berat.

Menurut Fitch, peringkat ini juga dapat menurun apabila kontribusi SAN Finance terhadap Astra International atas porsi penjualan kredit juga menurun signifikan. Sebaliknya, Fitch melihat potensi kenaikan peringkat apabila AI menaikkan kepemilikannya di SANF. Kemudian, SAN Finance menggunakan nama yang sama, serta adanya peningkatan signifikan atas kontribusi ke ASII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×