kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Pegadaian raih laba Rp 23 miliar


Minggu, 08 April 2018 / 09:00 WIB
Anak usaha Pegadaian raih laba Rp 23 miliar


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha Pegadaian yaitu PT Pesona Optima Jasa (POJ) mencatatkan pendapatan tahun 2017 sekitar Rp 900 miliar atau naik 2,04% dibandingkan tahun 2016. Sementara capaian laba bersih perusahaan sekitar Rp 23 miliar.

“Pendapatan naik sekitar Rp 18 miliar dibandingkan tahun 2016,” kata Syahrul Rusli Direktur Utama PT POJ kepada Kontan.co.id, Minggu (8/4).

Dari pencapaian laba tersebut, POJ masih berkontribusi sangat kecil bagi pemasukan induk perusahaan. Karena Pegadaian sendiri menorehkan laba bersih tahun 2017 mencapai Rp 2,5 triliun.

Sekitar 87% pendapatan POJ dari bisnis outsourcing, khususnya jasa keamanan. Sedangkan 7% dari penyewaan mobil dan sisanya dari usaha seperti jasa perawatan kantor, perawatan AC, dan outlet Pegadaian.

“Semua jasa itu saat ini masih untuk memenuhi dan melayani kebutuhan perusahaan Pegadaian,” kata dia.

Untuk tahun ini, Syahrul mengungkapkan pihaknya tidak punya target ambisius untuk menaikkan pertumbuhan laba. Karena target tahun ini adalah memprioritaskan peningkatan efisiensi dan pelayanan bagi induk perusahaan.

“Tahun ini ada satu bisnis yang akan dikembangkan adalah bisnis di bidang pemasaran untuk mendukung Pegadaian. Seperti support advertising dan loyalty program Pegadaian,” kata dia.

Rencana tahun ini, POJ akan memperluas jasa pelayanan ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Pegadaian, tetapi juga perusahaan-perusahaan lain. Sehingga saat ini sedang menawarkan jasa ke pihak luar melalui proses tender.

Pesona Optima Jasa bergerak dalam bidang jasa dan perdagangan umum, yang meliputi jasa keamanan, kebersihan, penyewaan kendaraan, periklanan. Selain itu juga perdagangan seperti perdagangan komputer, alat tulis kantor, konveksi serta pemeliharaan properti dan pembangunan.

Anak usaha Pegadaian ini sebagai pelaksana jasa layanan kebersihan, pengemudi, dan satuan pengamanan untuk mensuplai kebutuhan PT Pegadaian (Persero). Jumlah personil yang disediakan sekitar 11.000 orang satpam, dan sekitar 2.000 orang lainnya di bagian supir, office boy dan cleaning service.

POJ tidak hanya menawarkan satpam, tetapi juga sistem keamanan yang disebut sebagai security command center (SCC). Sistem keamanan yang diakses secara online, sehingga kantor pusat bisa memonitor seluruh outlet pegadaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×