kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,09   7,49   0.75%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aset industri asuransi umum dikuasai perusahaan asuransi BUMN


Minggu, 20 Juni 2021 / 18:56 WIB
Aset industri asuransi umum dikuasai perusahaan asuransi BUMN
ILUSTRASI. Industri asuransi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan asuransi umum yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nampaknya masih menguasai aset industri asuransi umum. Di tengah pandemi Covid-19, aset perusahaan asuransi umum milik BUMN masih dapat menunjukkan pertumbuhan.

Berdasarkan riset Kontan.co.id, 10 besar perusahaan asuransi umum yang ada di Indonesia dengan aset terbesar didominasi oleh BUMN dan perusahaan yang terafiliasi oleh konglomerasi. Adapun urutan 10 besar perusahaan tersebut, antara lain Asuransi Tugu, Asuransi Jasa Indonesia, Asuransi Astra Buana, Asuransi Central Asia, Asuransi Sinar Mas

Secara industri, aset asuransi umum memang mengalami pertumbuhan. Melihat data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri asuransi umum telah mengumpulkan aset Rp 178,60 triliun pada April 2021. Ini berarti ada peningkatan hingga 7,21% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp 166,58 triliun.

Pertumbuhan aset ini juga didukung oleh pertumbuhan investasi perusahaan asuransi umum yang sampai empat bulan pertama 2021 meningkat hingga 6,56% yoy menjadi Rp 82,78 triliun. Peningkatan terjadi pada instrumen saham dan surat berharga negara.

Baca Juga: Hingga akhir Mei 2021 Askrindo telah memberikan penjaminan kredit UMKM Rp 4,8 triliun

Salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan aset sekaligus masuk dalam daftar 10 besar tersebut adalah PT Asuransi Wahana Tata atau Aswata. Hingga kuartal I-2021, Aswata telah membukukan total aset sebesar Rp 4,19 triliun atau naik 5,01% secara yoy. 

Presiden Direktur Aswata Christian Wirawan Wanandi mengatakan, pertumbuhan aset disebabkan karena adanya peningkatan jumlah investasi dan aset reasuransi yang dimiliki oleh perusahaan. Asal tahu saja, aset reasuransi perusahaan saat ini mencapai Rp 1,67 triliun yang berarti meningkat 5,03% yoy.

“Aset reasuransi ini tumbuh karena adanya kenaikan klaim banjir dan outstanding dari reasuransi. Pertumbuhan juga pasti masih akan ada apalagi profit naik, modal naik pasti aset akan tumbuh” ujar Christian kepada kontan.co.id.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×