kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi Sompo catat pertumbuhan laba 17% pada tahun 2020


Senin, 31 Mei 2021 / 14:37 WIB
Asuransi Sompo catat pertumbuhan laba 17% pada tahun 2020
ILUSTRASI. Sompo Insurance Indonesia


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) mencetak kinerja keuangan yang stabil selama tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19. Laba Asuransi Sompo tercatat tumbuh 17% sepanjang tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, rasio solvabilitas atau risk-based capital (RBC) Asuransi Sompo per Desember 2020 tercatat mencapai 211% (teraudit), jauh di atas angka 120% yang diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kinerja ini kemudian berlanjut meningkat hingga kuartal pertama tahun 2021.

Pertumbuhan kinerja di tahun 2020 utamanya ditopang unit bisnis korporasi Asuransi Sompo. Pendapatan premi bruto  Asuransi Sompo di tahun 2020 memang turun dibandingkan tahun sebelumnya akibat dampak pandemi terhadap industri ritel. Ditambah lagi, ada kenaikan pembayaran klaim di tahun 2020 sebesar 3% dibanding tahun sebelumnya.

Namun, Asuransi Sompo tetap bisa mempertahankan kinerjanya melalui kenaikan pendapatan dari produk asuransi (underwriting result), pendapatan investasi, dan kontribusi produk Syariah.

Baca Juga: Asuransi Sompo akan memperkuat segmen korporasi dan ritel

CEO PT Sompo Insurance Indonesia Eric Nemitz mengatakan, salah satu produk asuransi dan layanan ritel unggulan mereka adalah asuransi mobil yang sangat dipengaruhi kondisi industri otomotif di Indonesia selama masa pandemi. Namun, ia bilang, Asuransi Sompo bisa memperkokoh bisnis melalui unit bisnis dan diversifikasi portofolio produk lainnya, sembari memastikan nasabah bisa mendapatkan layanan secara mudah dan cepat.

“Tahun ini, kami melihat adanya perbaikan ekonomi yang tentunya banyak dipengaruhi oleh stimulus dari pemerintah serta relaksasi pajak.” ujar Eric dalam keterangan resminya, Senin (31/5).

Baru-baru ini berbagai terobosan juga diluncurkan guna memperkokoh strategi bisnis, meningkatkan kualitas pelayanan serta memastikan calon nasabah bisa mendapatkan penawaran produk asuransi dengan harga yang kompetitif dan manfaat yang lebih banyak.

Beberapa terobosan tersebut, antara lain aplikasi digital “Sompo Go!”, Layanan “Bengkel On The Spot”, dan penggunaan whatsApp serta video survey untuk pengalaman nasabah yang lebih nyaman, mudah dan cepat.

Asuransi Sompo menargetkan mampu tumbuh secara berkesinambungan di tahun 2021 dengan terus berinovasi demi kesejahteraan nasabahnya. Selama kuartal pertama di tahun ini, rasio solvabilitas perusahaan berhasil mencapai 237% (tidak teraudit) yang menunjukkan landasan finansial kokoh untuk dapat memenuhi kewajiban asuransinya pada nasabah.

Selanjutnya: Genjot pendapatan premi, Asuransi Sompo ajak masyarakat jadi agen

Sementara itu, Asuransi Sompo juga mencatat pertumbuhan premi bruto sebesar 19% (tidak teraudit) dibandingkan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Kinerja Asuransi Sompo yang kokoh di tahun 2021 ini juga didorong oleh kepercayaan dari nasabahnya pada layanan dan perlindungan terhadap berbagai risiko di bidang properti, kendaraan bermotor, pengiriman kargo, mekanikal, kesehatan, kecelakaan pribadi, perjalanan, kredit perdagangan, kewajiban bisnis, dan banyak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×