Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.593
  • SUN95,67 0,14%
  • EMAS657.000 -0,45%

Bahas lima isu, Taspen gelar rakernas

Jumat, 31 Agustus 2018 / 14:06 WIB

 Bahas lima isu, Taspen gelar rakernas
ILUSTRASI. PT TASPEN

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Taspen menggelar rapat kerja nasional tahun 2018 di Balikpapan. Sejumlah isu strategis dibahas oleh penyelenggara dana pensiun bagi aparatur sipil negara tersebut.

Seketraris Perusahaan Taspen Dody Susanto menyebut ada lima aspek yang dibahas dalam rapat kerja tersebut. Di antaranya adalah aspek kepemimpinan yang mencakup revitalisasi Taspen sebagai pengelola jaminan sosial ASN. Lalu soal advokasi, sosialisasi dan implementasi Program Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara.


Berikutnya adalah aspek efektivitas produk dan proses. Antara lain tentang pengembangan aplikasi Taspen Care, implementasi Taspen Branchless, optimalisasi pelayanan klim otomatis melalui host to host PNS Pusat dan Daerah, optimalisasi fungsi Smart Card.

Kemudian aspek fokus keuangan dan pasar, yang mencakup optimalisasi pendapatan iuran, optimalisasi fee based income, peningkatan hasil investasi langsung melalui kinerja anak perusahaan dan perusahaan penyertaan, serta optimalisasi hasil investasi berbasis instrumen investasi untuk mendukung likuiditas dan profitabilitas.

Lalu aspek fokus pada pelanggan, yang antara lain lewat optimalisasi digitalisasi pembayaran pensiun melalui otentikasi lewat smartphone, implementasi Smart Card untuk ASN aktif serta evaluasi manfaat bagi Peserta.

Terakhir adalah aspek tenaga kerja lewat implementasi Corporate University, implementasi Sistem Manajemen Talenta dan Career Path berbasis Job Family dan sertifikasi khusus secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

Selain itu, Taspen juga melakukan kerja sama dengan Government Employees Pension Services (GEPS) Korea Selatan. Dody bilang keja sama antara Taspen dengan GEPS sudah terjalin sejak 2017 lalu.

"Sejak saat itu telah dilakukan kegiatan seperti benchmarking, kunjungan dan pertukaran informasi terkait penyelenggaraan sistem jaminan sosial untuk ASN atau civil servants di masing-masing negara," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (31/8).

Pada tanggal 5 sampai 6 September 2018 nanti Taspen, akan melakukan kunjungan ke GEPS sekaligus memenuhi undangan untuk menjadi salah satu nara sumber/pembicara dalam Seminar Internasional “International Conference on Challenge and Task of Civil Service Pension Scheme”, yang diselenggarakan oleh Ministry of Personnel Management (NPM) South Korea dan Government Employee Pension Service (GEPS) South Korea.

Dalam seminar tersebut Taspen akan berbicara sebagai panelis bersama dengan narasumber dari negara-negara lain yaitu Jepang, Amerika, United Kingdom, Uzbekistan, dan Korea Selatan sendiri. Topik bahasannya mengenai country experience dalam pengelolaan jaminan sosial bagi civil servants di masing-masing negara.

Taspen akan mengangkat beberapa inovasi yang telah dilakukan yaitu Layanan Klim Otomatis (LKO) dan implementasi digital transformation pelayanan pensiun bagi ASN di Indonesia melalui Taspen Smart Card, yang saat ini tengah dalam proses enrollment.

Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Narita

Video Pilihan

Tag
TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0525 || diagnostic_web = 0.3443

Close [X]
×