kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahas Prospek Ekonomi Indonesia, BRI Bakal Gelar BRI Microfinance Outlook 2023


Rabu, 25 Januari 2023 / 09:22 WIB
Bahas Prospek Ekonomi Indonesia, BRI Bakal Gelar BRI Microfinance Outlook 2023
ILUSTRASI. Direktur Utama BRI Sunarso.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan menyelenggarakan BRI Microfinance Outlook 2023 yang akan berlangsung Kamis (26/1). Acara tahunan ini merupakan salah satu wadah dan bentuk komitmen BRI dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Mengusung tema “Financial Inclusion and ESG: The Road to Equitable and Economic Prosperity”, BRI Microfinance Outlook 2023 menghadirkan pembicara dari kalangan profesional, pakar ekonomi kelas dunia, pejabat pemerintahan, serta jajaran direksi Bank BRI.

“Acara ini memperkuat komitmen BRI sebagai perusahaan perbankan yang memberikan solusi bagi pelaku usaha Ultra Mikro untuk naik kelas, namun juga mendukung pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi lewat pembiayaan yang inklusif dan berprinsip pada ESG,” kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Sunarso sendiri akan mengisi welcoming speech dan membahas penguatan peran lembaga keuangan dalam mendukung keuangan berkelanjutan. Acara akan dilanjutkan dengan keynote speech yang menghadirkan beberapa menteri, termasuk Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang akan menjelaskan terkait optimalisasi regulasi pemerintah dalam mendorong investasi berorientasi lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga: Bos BRI Sebutkan 6 Tantangan Industri Perbankan Tahun Ini, Apa Saja?

Perhelatan akbar BRI ini juga turut menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang akan membahas kebijakan anggaran pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mendukung pengembangan sustainable dan green finance. Menteri lainnya adalah Menteri BUMN Erick Thohir, yang akan membahas peran BUMN dalam pemerataan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Dijalankan secara hybrid di Gedung BRI 1, Lt. 21 dan melalui Zoom, BRI Microfinance Outlook 2023 menyuguhkan dua sesi diskusi yang  akan membahas peningkatan kedalaman inklusi keuangan dengan ekosistem mikro. 

Di sesi pertama, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari Sesi ini juga menghadirkan Jonathan Morduch, Professor of Public Policy and Economics, Executive Director of  Financial Access Initiative, yang akan membahas sustainable finance for micro entrepreneur. Masih di sesi yang sama, pembicara lainnya adalah President and CEO Accion Michael Schlein akan membahas topik green banking, green microfinancer.  

Di sesi kedua, BRI menghadirkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, yang akan mengulas topik dengan judul “Building a Social Economy by Working with Impactful Business”. Sesi ini turut menghadirkan Direktur Kepatuhan BRI Achmad Solichin yang akan membahas implementasi ESG dalam mendorong pengembangan UMKM. 

Pembicara lainnya di sesi ini adalah Simon O'Connell, Chief Executive Officer SNV, yang akan memaparkan topik dengan judul “Embedding ESG Metrics as a Companies’ Competitive Advantage” (Bagaimana Perusahaan Dapat Menerapkan ESG Metrics Sehingga dapat Menjadi Keunggulan Komparatif).

ESG merupakan sebuah standar perusahaan dalam praktik operasionalnya, yang terdiri dari tiga konsep atau kriteria environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola perusahaan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×