kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Wanaartha Life Bakal Jual Produk Lagi, Mau Gandeng Siapa? (Ada Hak Jawab)*


Rabu, 17 Agustus 2022 / 10:26 WIB
Wanaartha Life Bakal Jual Produk Lagi, Mau Gandeng Siapa? (Ada Hak Jawab)*
ILUSTRASI. WanaArtha Life bakal kembali menjual produk asuransi syariah


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam salah satu upaya penyelesaian kewajiban bayar pada pemegang polis, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life) bakal menjual produk asuransi syariah.

Adapun, langkah tersebut merupakan bagian dari opsi restrukturisasi dari manajemen Wanaartha yang menawarkan agar pemegang polis melakukan konversi produk konvensional Wanaartha Life ke produk berbasis syariah.

Dalam rencana menjual produk syariah tersebut, Direktur Wanaartha Life Adi Yulistanto bilang pihaknya bakal kerjasama dengan salah satu aset manajemen milik BUMN. Belakangan, asset management yang bakal dipilih pun terjawab yaitu bagian holding Indonesia Financial Group (IFG), PT Bahana TCW Investment Management.

“Kami sudah komunikasi dengan direkturnya, Bu Rukmi dan sudah ada dukungan secara verbal. Dari sisi bisnis kan juga bagus untuk mereka” ujar Adi kepada KONTAN, Selasa (16/8).

Baca Juga: Tiga Tersangka Kasus Wanaartha Life Ajukan Praperadilan

Selanjutnya, Adi menyebutkan bahwa pihak Bahana TCW Investment akan terlebih dahulu melakukan asessment terhadap Wanaartha, termasuk proses KYC dan proses komunikasi dengan OJK.

Terkait pemilihan Bahana, Adi menjelaskan bahwa pihaknya ingin agar dana  yang dikelola dari hasi penjualan produk nantinya bisa benar-benar aman. Sehingga, tak ada kejadian ulang terkait gagal bayar.

“Harapan kami, sebagai BUMN kan ada suatu jaminan sebagai korporasi, tapi bukan secara tertulis ya. Jadi kita lebih nyaman untuk meminimalisir risiko kalau BUMN” imbuh Adi.

Baca Juga: Wanaartha Life Ajukan Opsi Restrukturisasi untuk Pemegang Polis, Ini Respons OJK

Sebagai informasi, sebelumnya Holding IFG melalui anak usahanya yang lain IFG Life juga mendapat mandat untuk melakukan migrasi polis dari asuransi bermasalah lainnya yaitu Asuransi Jiwasraya.

Kontan.co.id pun telah mencoba menghubungi IFG terkait rencana pengelolaan dana Wanaartha Life ini, namun hingga berita ini diturunkan belum ada respon.

 

UPDATE, Minggu (21/8), Pukul 11.11 WIB: Redaksi Kontan.co.id menerima hak jawab dari Bahana TCW Investment soal pemberitaan ini. Berikut hak jawab lengkap dari Bahana TCW Investment:

No. 608/LDlR-BTlM/DA/Vlll/2022    

Jakarta, 19 Agustus 2022

Kepada Yth.
Pemimpin Redaksi Harian Kontan di Tempat
Perihal : Hak Jawab atas pemberitaan Harian Kontan & Kontan.co.id

 

Dengan hormat,

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama dan hubungan baik yang telah terjalin antara PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) dan Harian Kontan selama ini. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Harian Kontan kepada Bahana TCW melalui ulasan dan liputan positif serta informatif selama ini.

Sehubungan dengan pemberitaan di Harian Kontan Jumat, 19 Agustus 2022, halaman 10 dengan judul "Nasabah Tolak Restrukturisasi Wanaartha", pemberitaan di Kontan.co.id dengan judul "Bakal Jual Produk Lagi, Wanaartha Life Gandeng IFG Guna Kelola Dananya", Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:26 WIB serta artikel dengan judul "Pemegang Wanaartha Life yang Kembalikan Form Survei Opsi Restrukturisasi Masih Minim", Kamis, 18 Agustus 2022 — 15:55 WIB, terdapat beberapa hal yang dapat kami jelaskan:

1. Pembicaraan dengan manajemen Wanaartha Life masih dalam tahap diskusi awal dan masih belum ada keputusan resmi apakah Bahana TCW dapat bekerjasama dengan Wanaartha Life.

2. Sehingga masih terlalu prematur untuk menyampaikan kemungkinan bentuk Kerjasama karena hingga saat ini tidak ada kesepakatan apapun dengan Wanaartha Life.

3. Indonesia Financial Group (IFG) sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi merupakan non operating company. Sehingga IFG tidak memiliki produk maupun layanan yang ditawarkan secara langsung kepada masyarakat. Maka dari itu, hal ini tidak ada hubungan dan sangkut paut dengan IFG sebagai korporasi maupun holding maupun dengan anak usahanya, IFG Life.

4. Dalam menjalankan bisnisnya, Bahana TCW berkomitmen untuk selalu mengedepankan risk culture (termasuk reputation risk) serta menerapkan azas good corporate governance (GCG) serta nilai-nilai kehati-hatian. Bahkan untuk beberapa kasus tertentu seperti Wanaartha Life, Bahana TCW perlu melakukan advance due diligence sebelum memutuskan untuk mengkaji kerjasama.

5. Bahana TCW sangat menyayangkan pernyataan ini keluar dari manajemen Wanaartha Life yang seharusnya menjunjung tinggi etika berbisnis.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, sekaligus menjadi hak jawab kami terhadap pemberitaan Kontan dan Kontan.co.id yang dimaksud. Kami berharap poin-poin di atas dapat menjadi referensi dalam menulis pemberitaan terkait Bahana TCW.

Selanjutnya, besar harapan kami Redaksi Kontan dapat memuat hak jawab yang telah kami sampaikan, agar tidak menimbulkan misinterpretasi dan misinformasi yang berpotensi merugikan citra serta reputasi perusahaan kami.


Hormat kami,

Danica Adhitama,
Direktur Bahana TCW Investment Management

 

UPDATE, Senin (22/8), Pukul 20.50 WIB: Redaksi Kontan.co.id menerima hak jawab atas pemberitaan ini dari manajemen Wanaartha Life. Berikut hak jawabnya.

Jakarta, 22 Agustus 2022
Nomor        : 230/BOD/WAL/VIII/2022
Lampiran     : -
Perihal        : Hak Jawab

Kepada Yth.
PT. Grahanusa Mediatama
Media Kontan
Gedung Kompas Gramedia lantai 3 unit 2,
Jalan Palmerah Selatan No. 20-28
Jakarta Pusat, 10270

U.p: Bapak Lukas Widjaja /
        Direktur /
        Bapak Ardian Taufik Gesuri
        Pimpinan Redaksi

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan berita yang terbit di Media Online Kontan pada hari Rabu Tanggal 17 Agustus 2022 Pukul 10.26 WIB oleh Reporter Adrianus Octaviano dan Editor Anna Suci Pewitasari dengan headline “Wanaartha Life Bakal Jual Produk Lagi, Mau Gandeng Siapa? (Ada Hak Jawab)*” Link: https://keuangan.kontan.co.id/news/bakal-jual-produk-lagi-wanaartha-life-gandeng-ifg-guna-kelola-dananya (“Berita”), dengan ini PT. Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (“Wanaartha Life”) mengajukan hak jawab sebagaimana dijamin dalam Pasal 5 ayat (2) Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, sebagai berikut:

1. Bahwa sebagaimana tercantum dalam Berita tersebut pada judul dan paragraf 3 menyatakan:
“Wanaartha Life Bakal Jual Produk Lagi, Mau Gandeng Siapa? (Ada Hak Jawab)*”
“Dalam rencana menjual produk syariah tersebut, Presiden Direktur Wanaartha Life Adi Yulistanto bilang pihaknya bakal kerjasama dengan salah satu aset manajemen milik BUMN. Belakangan, asset management yang bakal dipilih pun terjawab yaitu bagian holding Indonesia Financial Group (IFG), PT Bahana TCW Investment Management.”

2. Bahwa pemberitaan kontan tersebut menggunakan judul dan informasi yang kurang tepat dan missleading karena dalam kerja sama ini Presiden Direktur PT. Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (“Wanaartha Life”) tidak pernah menyebutkan bahwa akan melibatkan IFG baik sebagai korporasi maupun holding.

3. Bahwa Presiden Direktur Wanaartha Life tidak pernah mempergunakan terminologi atau kata IFG sama sekali dengan atau kepada pelaku media manapun juga. Kami tidak pernah menyampaikan/memberikan informasi melakukan kerjasama dengan Holding IFG.

4. Bahwa hal tersebut di atas kami sampaikan dengan mengingat adanya keberatan resmi dari PT Bahana TCW Investment Management (“Bahana”) kepada kami.

5. Bahwa sebagaimana tercantum dalam Poin 5 Surat Bahana No. 608/LDlR-BTlM/DA/Vlll/2022 tanggal 19 Agustus 2022 Perihal : Hak Jawab atas pemberitaan Harian Kontan & Kontan.co.id  menyatakan:
“5. Bahana TCW sangat menyayangkan pernyataan ini keluar dari manajemen Wanaartha Life yang seharusnya menjunjung tinggi etika berbisnis.”

Bahwa kami sangat mendukung etika berbisnis antar instansi, sehingga dengan ini kami melakukan bantahan dan keberatan atas pemberitaan yang dilakukan oleh Media Kontan karena Wanaartha Life tidak pernah menyatakan informasi yang salah sebagaimana telah kami sampaikan diatas.

Bahwa Kami telah melaksanakan negosiasi-negosiasi dan pengiriman data-data yang bersifat rahasia dan tidak untuk konsumsi publik. Mohon sekiranya dilakukan pemberitaan yang benar oleh Media Kontan agar tidak merugikan kami Wanaartha Life serta Bahana.

6. Bahwa saat Pertemuan Awal Wanaartha Life dengan Bahana pada tanggal 15 Agustus 2022, Wanaartha Life telah mendapatkan izin verbal dari Direktur Utama Bahana bahwa apabila ternyata pelaku media menanyakan rencana kerjasama antara Wanaartha Life dengan Bahana, Wanaartha Life dapat memberikan tanggapan dan penjelasan.

7.    Bahwa adapun dapat kami sampaikan kronologis hubungan antara Wanaartha Life dengan Bahana yang telah terjalin selama ini sebagai berikut:
A.    Pertemuan Pertama antara Wanaartha Life dengan Bahana pada:
i.    Hari/tanggal: Senin, 15 Agustus 2022
ii.    Pukul: 12.00 WIB
iii.    Tempat: Yakiniku One SCBD, Jakarta
iv.    Agenda: Pertemuan Awal
v.    Dokumentasi:

Keterangan: Direksi dan Komisaris Wanaartha Life (Barisan Kiri) memenuhi undangan jajaran Bahana (Barisan Kanan)
B.    Adanya komunikasi via email pertama kali dari Bahana kepada Wanaartha Life sebagai tindak lanjut pertemuan awal sebagaimana tersebut diatas pada :
i.    Hari/tanggal: Senin, 15 Agustus 2022
ii.    Pukul: 13.14 WIB
iii.    Perihal: Persyaratan Dokumen untuk Opening Account di Bahana TCW
Bahwa Bahana mengirimkan persyaratan dokumen untuk Opening Account (Know Your Customer) di Bahana untuk dilengkap Wanaartha Life berupa:
1.    Form Opening Account/KYC Institusi
2.    Form FATCA/CRS
3.    Form Beneficial Owner
4.    Form Authorized Signer
5.    Melengkapi persyaratan dokumen perusahaan sbb:
a.    Akta Anggaran Dasar terakhir & SK Pengesahan Akta dari Kemenkumham
b.    Akta Pendirian & SK Pengesahan Akta dari Kemenkumham
c.    Akta Perubahan Nama Perusahan sejak awal
d.    Akta Susunan Direksi dan Komisaris atau Susunan Pengurus yang terakhir & SK Pengesahan Akta dari Kemenkumham
e.    Fotocopy Kartu NPWP
f.    Fotocopy Surat Izin Usaha (SIUP)
g.    Surat Kuasa kepada Pejabat yang berhak melakukan transaksi
h.    Fotocopy KTP/ Paspor/KITAS Direksi dan Komisaris
i.    KTP pejabat yang berwenang mewakili nasabah dalam memberikan instruksi Investasi
j.    Fotocopy Nomor Induk Berusaha (NIB)
k.    Fotocopy Domisili
l.    Laporan Audit Keuangan Terakhir
m.    Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang masih berlaku
Bahwa Wanaartha Life masih belum melengkapi Form Opening Account/KYC Institusi, Form Beneficial Owner, dan Surat Kuasa kepada Pejabat yang berhak melakukan transaksi karena sedang dalam proses pengajuan dan permintaan tanda tangan.
C.    Adanya komunikasi via email dari Wanaartha Life kepada Bahana sebagai balasan dan pemenuhan persyaratan sebagaimana tersebut dari email sebelumnya pada :
i.    Hari/tanggal: Senin, 15 Agustus 2022
ii.    Pukul: 13.14 WIB
iii.    Perihal: Pengiriman Dokumen untuk Opening Account di Bahana TCW
Bahwa Wanaartha Life memenuhi sebagian besar persyaratan dokumen untuk Opening Account (Know Your Customer) di Bahana berupa:
1.    Form FATCA/CRS
2.    Form Authorized Signer
3.    Melengkapi persyaratan dokumen perusahaan sbb:
a.    Akta Anggaran Dasar terakhir & SK Pengesahan Akta dari Kemenkumham
b.    Akta Pendirian & SK Pengesahan Akta dari Kemenhumkam
c.    Akta Perubahan Nama Perusahaan sejak awal
d.    Akta Susunan Direksi dan Komisaris atau susunan Pengurus yang terakhir
e.    Kartu NPWP
f.    Surat Izin Usaha (SIUP)
g.    Surat Pemberitahuan Perkenalan Direksi Baru
h.    KTP Direksi dan Komisaris
i.    Nomor Induk Berusaha (NIB)
j.    Surat Keterangan Domisili
k.    Laporan Audit Keuangan Terakhir
l.    Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang masih berlaku
D.    Adanya komunikasi via email dari Bahana kepada Wanaartha Life pada:
i.    Hari/tanggal:  Kamis, 18 Agustus 2022
ii.    Pukul: 13.55 WIB
iii.    Perihal: Tanggapan Berita Kerjasama di Kontan
Bahwa Bahana selaku korporasi menyampaikan beberapa hal terkait pemberitaan perihal Kerjasama Wanaartha Life dengan Bahana di Media Kontan aquo.
E.    Adanya komunikasi via email dari Wanaartha Life kepada Bahana pada :
i.    Hari/tanggal: Kamis, 18 Agustus 2022
ii.    Pukul: 22.27 WIB
iii.    Perihal: Klarifikasi kepada Bahana terkait Tanggapan Berita Kerjasama di Kontan
Bahwa Presiden Direktur Wanaartha Life menyampaikan balasan terhadap Email Bahana dan memberikan klarifikasi bahwa Wanaartha Life tidak pernah menyebut ataupun menggunakan kata/kalimat IFG serta menyampaikan tanggapan atas segala hal yang disampaikan Bahana dalam Email Tanggapan Berita Kerjasama di Kontan sebagaimana disebutkan diatas.
F.    Adanya komunikasi via email dari Wanaartha Life kepada Bahana untuk melengkapi sisa dokumen persyaratan yang kurang pada:
i.    Hari/tanggal: Jumat, 19 Agustus 2022
ii.    Pukul: 15.48 WIB
iii.    Perihal: Pengiriman Dokumen untuk Opening Account di Bahana TCW
Bahwa Wanaartha Life memenuhi sebagian besar persyaratan dokumen untuk Opening Account (Know Your Customer) di Bahana berupa:
1.    Form Opening Account/KYC Institusi,
2.    Form Beneficial Owner
G.    Adanya komunikasi via email dari Bahana kepada Wanaartha Life sebagai balasan pengiriman kelengkapan sisa dokumen persyaratan yang kurang sebelumnya pada:
i.    Hari/tanggal: Jumat, 19 Agustus 2022
ii.    Pukul: 15.48 WIB
iii.    Perihal: Pengiriman Dokumen untuk Opening Account di Bahana TCW
Bahwa Bahana menyampaikan masih terdapat beberapa kolom yang kosong dalam Form Opening Account/KYC Institusi dan Form Beneficial Owner yang dikirimkan sebelumnya agar dilengkapi oleh pihak Wanaartha Life.

8. Bahwa kami sangat menghargai kerjasama dan hubungan yang baik dengan Media Kontan selama ini, namun berdasarkan hal-hal tersebut diatas kami Wanaartha Life sangat keberatan dengan berita tersebut di atas yang dapat berakibat kurang baik bagi hubungan kerjasama Wanaartha Life dengan Bahana ke depannya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, sekaligus menjadi hak jawab kami terhadap pemberitaan Kontan dan Kontan.co.id yang dimaksud. Kami berharap poin-poin di atas dapat menjadi referensi dalam menulis pemberitaan terkait Wanaartha Life.

Selanjutnya, besar harapan kami Redaksi Kontan dapat memuat hak jawab yang telah kami sampaikan, agar tidak menimbulkan misinterpretasi dan misinformasi yang berpotensi merugikan citra serta reputasi perusahaan kami.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha

Adi Yulistanto,
Presiden Direktur   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×