kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Bjb Dorong KUR Klaster Komoditas Unggulan


Minggu, 06 Maret 2022 / 10:15 WIB
Bank Bjb Dorong KUR Klaster Komoditas Unggulan


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) terus mendorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster berbasis komoditi unggulan untuk mempercepat pemulihan UMKM, khususnya yang terdampak Covid-19.

Untuk meningkatkan akses pembiayaan KUR, bank bjb melakukan skema pembiayaan pola kemitraan berbasis kelompok. Pola kemitraan ini berdasarkan prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan.

"Kemitraan ini melibatkan pelaku UMKM dan offtaker. Sehingga, prinsip keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama bisa tercapai," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto dalam laman resmi perseroan, Jumat (4/3).

Selain itu, kata dia, kerja ini menjadi bukti kepercayaan antara perbankan dengan pelaku UMKM terkait pembiayaan. Kemudian bermanfaat meningkatkan penghasilan masyarakat di Kabupaten Pangandaran.

"Dengan adanya pembiayaan ini, semakin menambah kesejahteraan khususnya bagi para penambak Udang Vaname di Pangandaran," katanya.

Baca Juga: Bank BJB Optimistis Rights Issue Bakal Diminati Investor, Ini Alasannya

Hal tersebut dibuktikan melalui kolaborasi bank bjb cabang Pangandaran dengan pengusaha tambak udang, Aan Andriana melalui perjanjian kerja sama kemitraan pembiayaan KUR kepada mitra binaan Aan Andriana di Pangandaran, Jawa Barat, pada Selasa 1 Maret 2022.

Penandatangan kerjasama dilakukan Pemimpin bank bjb Cabang Pangandaran Aryanto dengan Aan Andriana disaksikan Deputi CEO Regional 3 bank bjb Aden Nurmawan dan Pemimpin Grup Kredit Program Divisi kredit UMKM bank bjb Firman.

Aan merupakan seorang pengusaha tambak Udang Vaname berpengalaman memulai usaha sejak 2002. Selain sebagai penambak mandiri, juga sebagai pembeli bagi penambak di wilayah Bojongslawe Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, Aan juga sudah mendapatkan jalur pengiriman pesanan rutin dari beberapa restoran dan rumah makan di kota besar seperti Bandung dan Jakarta serta untuk tujuan ekspor ke Jepang.

"Program kemitraan bank bjb Pangandaran dengan Aan Andriana memiliki manfaat besar untuk kepastian penjualan budidaya Udang Vaname. Penambak bisa semakin memajukan perekonomian dan tidak perlu lagi memikirkan penjualan pasca panen," pungkas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×