kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,89   6,14   0.68%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BJB Salurkan Kredit ke Petani Milenial


Jumat, 25 Maret 2022 / 14:18 WIB
Bank BJB Salurkan Kredit ke Petani Milenial
Pemberian pembiayaan kepada petani milenial oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) terus mendukung petani milenial melalui permodalan dan pemberdayaan.

Petani milenial adalah program unggulan provinsi Jawa Barat yang diluncurkan pada Maret 2021 untuk menjawab persoalan sektor pertanian dengan menggandeng milenial, mitra petani muda dan pemangku kepentingan Jawa Barat dalam kolaborasi Pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media.

Direktur Komersial dan UMKM BJB Nancy Adistyasari mengatakan, BJB senantiasa menjadi mitra strategi dalam mendukung berbagai program yang dijalankan pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

"Bank BJB akan selalu hadir mendukung penuh program petani milenial yang merupakan program unggulan Pemda Provinsi Jabar," ujar Nancy dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3).

Baca Juga: Bentuk Kelompok Usaha Bersama dengan BPD Lain, BJB Tengah Menggelar Uji Tuntas

Untuk mendukung program tersebut, Bank BJB menyalurkan kredit bagi petani melalui dua skema yaitu direct dan closed loop. Skema direct, yakni penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian.

Sedangkan skema closed loop, penyaluran kredit dengan skema kemitraan di mana petani melakukan budidaya sesuai pasar yang tersedia dari offtaker. Petani akan memperoleh pendampingan dari offtaker selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalist baik untuk kredit maupun hasil panen.

Ia berharap, petani dapat berdikari melalui program kemitraan tersebut. Adapun komoditas yang termasuk dalam program petani milenial meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

"Bank BJB akan memberikan bantuan modal kepada petani milenial melalui kredit usaha rakyat (KUR). Besaran kredit ini tergantung RKU (rencana kerja usaha) atau bisnis plan yang disampaikan oleh petani atau offtaker," terangnya.

Sejak kick off sampai dengan saat ini total pembiayaan yang telah tersalurkan ke patani milenil mencapai kurang lebih Rp 66,5miliar kepada 362 debitur, dengan kualitas kredit (NPL) yang terjaga dengan baik di level 0%.

Selain itu, Bank BJB menyediakan layanan perbankan dan perencanaan keuangan bagi para petani milenial, serta menyediakan ID Card yang berfungsi sebagai ATM bagi para petani milenial (ATM Co-Branding).

"Bank BJB berperan sebagai koordinator pembiayaan melalui pemberian kredit dan memberikan pemberdayaan bagi para petani milenial," kata Nancy.

Baca Juga: BJB Syariah Bakal IPO, Ini Kata Analis Soal Prospek Saham Emiten Bank Syariah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×