kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,36   -11,40   -1.19%
  • EMAS944.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bank BJB targetkan penyaluran kredit tumbuh 9%-10% pada tahun 2022


Senin, 06 Desember 2021 / 18:18 WIB
Bank BJB targetkan penyaluran kredit tumbuh 9%-10% pada tahun 2022
ILUSTRASI. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Pembangunan Daerah (BPD) optimistis bisa ekspansi lebih kencang tahun depan. Pasalnya, bank-bank daerah sepanjang tahun ini masih tumbuh solid di tengah tekanan pandemi Covid-19.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) salah satu yang cukup optimistis pada tahun depan. Perseroan membidik kredit bisa tumbuh di kisaran 9%-10%. Adapun hingga kuartal III 2021, bank ini mencatat kredit tumbuh 6,9% yoy.  

"Untuk tahun depan kami melihat ada optimisme seiring berangsur pulihnya aktivitas ekonomi dan konsumsi masyarakat. Jika BI memproyeksikan pertumbuhan kredit di 6%-8%, BJB memproyeksikan lebih, yakni 9%-10%," kata Direktur Utama Yuddy Renaldi kepada Kontan.co.id, Jumat (3/12).

Pendorong pertumbuhan kredit diperkirakan BJB masih akan lebih banyak ditopang segmen konsumer seiring mulai pulihnya tingkat konsumsi. Selanjutnya juga bakal didorong segmen wholesales karena kegiatan usaha sudah mulai pulih. 

Baca Juga: Sejumlah BPD targetkan kredit tumbuh lebih cerah tahun depan

Kendati begitu, BJB melihat risiko masih tetap ada karena tidak semua sektor akan pulih secara bersamaan. Oleh karena itu, perseroan akan tetap selektif dalam melakukan ekspansi.  Salah satu mitigasi resiko yang akan dilakukan dalam penyaluran kredit adalah dengan ikut dalam sindikasi.

Dengan target pertumbuhan kredit BJB lebih tinggi dari proyeksi kredit secara nasional dari BI, Yuddy yakin BJB akan meningkatkan pangsa pasarnya di wilayahnya yakni Jawa Barat. "Di jawa barat sendiri market share kami saat ini ada di level 11%-12%," kata Yuddy. 

Di saat kredit secara nasional terkontraksi hingga Juli 2021, BPD justru tetap tumbuh positif.  Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kredit perbankan per Oktober 2021 tumbuh 3,24% secara year on year (yoy). Khusus kelompok BPD berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 5,99% yoy. 

Selanjutnya: Simak rekomendasi teknikal saham ERAA, DSNG, dan WIIM untuk Selasa (7/12)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×