kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bank BRI siapkan capex Rp 3,7 triliun untuk pengembangan teknologi tahun ini


Kamis, 31 Januari 2019 / 15:53 WIB
Bank BRI siapkan capex Rp 3,7 triliun untuk pengembangan teknologi tahun ini

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan masih akan terus gencar melakukan pengembangan IT dan digital tahun ini. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) misalanya akan menganggarkan capex Rp 3,7 triliun untuk pengembangan IT di 2019. Jumlah tersebut meningkat dari serapan tahun 2018 yang mencapai Rp 2 triliun.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank BRI Indra Utoyo mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk melanjutkan proyek multiyear atau lanjutan dari tahun 2018.


Adapun pengembangan yang sudah dilakukan BRI tahun lalu diantaranya platform digital banking, big data analytics, serta next gen infrastructure seperti Branch in a Box (BRIBOX) solution, modernisasi core banking, modernisasi backbone network, dan cloud infrastructure.

Tahun ini, BRI akan fokus juga mengembangkan artificial intelligence. Ia menyebut ke depan layanan bank akan bergeser dari branch-centric menuju semakin mobile-centric, dan self service.

"Namun di era digital, aspek privasi menjadi isu serius untuk menjadi perhatian sehingga artificial intelligence menjadi semakin penting dalam mengambil keputusan," kata Indra pada Kontan.co.id baru-baru ini

Di samping itu, BRI juga saat sedang fokus pada pengembangan digital banking baik untuk mikro dan konsumer, serta beberapa platform ekosistem.

Adapun untuk belanja operasional alias opex tahun ini, BRI menyiapkan dana sebesar Rp 1,9 triliun. Sementara serapan Opex tahun 2018 mencapai Rp 1,4 triliun.


Tag


TERBARU

Close [X]
×