kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,15   -4,52   -0.50%
  • EMAS939.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Bank Jateng masukkan penyusunan kajian IPO dalam rencana bisnis bank tahun 2021


Selasa, 19 Januari 2021 / 17:19 WIB
Bank Jateng masukkan penyusunan kajian IPO dalam rencana bisnis bank tahun 2021
ILUSTRASI. Pekerja sedang memugar bangunan Kantor Balaikota Kota Semarang berlatar belakang bendera raksasa merah putih Gedung Bank Jateng. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) berencana melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Bank ini telah memasukkan rencana penyusunan kajian IPO tersebut dalam rencana bisnis bank (RBB) tahun 2021. 

Namun, pelaksanaan IPO tersebut masih dalam rencana perseroan tahun ini. Dwi Agus Pramudya, Direktur Keuangan Bank Jateng mengatakan, pihaknya masih harus melakukan kajian terkait ketentuan perundang-undangan yang memerlukan sinkronisasi. 

Sinkronisasi itu di antaranya mengenai ketentuan kepemilikan satu pemerintah daerah atas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibatasi minimal 51%. 

"Sementara dengan pelaksanaan IPO, ada potensi kepemilikan salah satu Pemda atau dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, akan terdilusi ke bawah 51%," kata Dwi pada Kontan.co.id, Selasa (19/1). 

Baca Juga: Pemerintah akan gelontorkan Rp 66,99 triliun untuk perbankan

Oleh karena itu, Bank Jateng juga sekaligus mengkaji alternatif permodalan tanpa IPO sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, termasuk di antaranya penambahan modal dari pemegang saham eksisting atau mengundang investor strategis. 

Apabila sinkronisasi aturan tidak ada kendala yang signifikan, Bank Jateng bisa saja melakukan IPO tahun ini.  

"Belum bisa kita tetapkan (sekarang). Bisa jadi tahun ini atau tahun depan sepanjang tidak ada kendala yang signifikan, terutama kendala perundang-undangan," pungkas Dwi.

Selanjutnya: Penyaluran Kredit Bank Daerah Kian Merekah

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Investasi Reksadana dan Saham (VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2

[X]
×