kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri andalkan tabungan berhadiah


Senin, 13 April 2015 / 19:46 WIB
Bank Mandiri andalkan tabungan berhadiah


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pemberian hadiah untuk produk tabungan menjadi andalan Bank Mandiri menjaga nasabahnya. Pasalnya, Bank Mandiri melihat, kian sulit menumbuhkan jumlah dana di simpanan berbunga murah tersebut. 

Menurut Setiyo Wibowo, Senior Vice President Consumer Deposits Group Bank Mandiri, pertumbuhan dana murah, salah satunya produk tabungan Bank Mandiri bisa mencapai 17% - 20% secara year on year (yoy). Namun, pertumbuhan sejak 2 tahun terakhir kian seret dan kini hanya naik sekitar 6%. 

"Bahkan untuk tahun ini saya perkirakan tak jauh dari level itu meskipun masih di atas industri," jelas Setiyo.

Agar pertumbuhan simpanan tabungan bisa kembali membaik, Bank Mandiri telah meninggalkan program berhadiah secara undian. Kini Bank Mandiri menggunakan program berhadiah secara langsung dengan sistem poin. "Dulu namanya Mandiri Fiesta, sekarang kami ganti menjadi Fiesta Poin," tutur Setiyo.

Ketentuannya, nasabah akan mendapatkan poin jika menyimpan simpanan tabungan dalam nominal tertentu atau menggunakan transaksi pembayaran melalui rekening tabungan. "Hadiahnya bisa dipilih langsung oleh nasabah sesuai poin yang diperoleh atau ditukar di merchant yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. Bisa juga ketika nasabah berbelanja di merchant, pembayarannya cukup menggunakan poin si nasabah," pungkas Setiyo.

Sekadar mengingatkan, ada 3 jenis simpanan di bank yaitu tabungan, giro, dan deposito. Tabungan dan giro terhitung dana murah karena bank memberikan bunga lebih kecil. Semakin banyak jumlah penabung di segmen current account saving account (CASA), semakin kecil biaya dana bank. Sebaliknya, jika nasabah deposito yang berbunga lebih besar ini semakin subur, cost of fund bank bisa semakin tambun. 

Setiyo bilang, secara umum, perolehan dana pihak ketiga (DPK) atau simpanan masyarakat Bank Mandiri di kuartal I 2015 masih sesuai target. Bahkan dibanding kuartal I 2014 masih lebih tinggi pertumbuhannya. "Cuma angkanya belum bisa dipublikasikan," kata Setiyo di Jakarta, belum lama ini.

Setiyo menjelaskan bahwa pada dasrnya pertumbuhan DPK ada 2 faktor, yaitu bunga simpanan serta loyalitas nasabah. "Program tabungan berhadiah menjadi salah satu cara menjaga loyalitas nasabah," ujar Setiyo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×